Dec 24, 2018

Definisi Politik [Anti Politik=Berpolitik]

Definisi Politik | Beberapa orang bilang mereka anti politik, tapi tahukah anda? Bahwa saat bersamaan dengan itu mereka sedang berpolitik, disadari maupun tidak. Selama kita hidup meskipun kita mengkalim tidak berpolitik, kita berpolitik.

Politik adalah teknik untuk meraih pengaruh/kekuasaan secara sah menurut kesepakatan [sah] maupun dengan cara tidak sah [perlawanan secara fisik, kudeta misalnya].

Definisi Politik

Akar Kata Politik

POLITIK berasal dari kata Yunani Polis yang berarti kota atau negara kota. Kemudian arti itu berkembang menjadi Polites yang berarti warganegara, Politeia yang berarti semua yang berhubungan dengan negara, Politika yang berarti pemerintahan negara dan Politikos yang berarti kewarganegaraan.


Interaksi warga Negara terjadi di dalam suatu kelembagaan yang dirancang untuk memecahkan konflik sosial dan membentuk tujuan negara. Dengan demikian kata politik menunjukkan suatu aspek kehidupan, yaitu kehidupan politik yang lazim dimaknai sebagai kehidupan yang menyangkut segi-segi kekuasaan dengan unsur-unsur: Negara [State], Kekuasaan [Power], pengambilan keputusan [Decision Making], Kebijakan [Policy], dan Pembagian [Distribution] atau Alokasi [Allocation].

Makna Politk

Seiring melajunya waktu makna politik semakin menyempit. Makna politik lebih meruncing sebagai pengertian terhadap aktifitas tertentu. Berikut devinisi Politik dalam arti sempit dari para ahli.
  1. Politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama. [Aris Toteles].
  2. Politik adalah hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara.
  3. Politik merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan.kekuasaan di masyarakat.
  4. Politik adalah segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik.
Bagi aku pribadi definisi Politik dalam artian sempit adalah cara mencapai tujuan dengan pendekatan mempengaruhi masyrakat sekitar.
 Aku berpolitik, anda berpolitik, dia berpolitik, mereka berpolitik, semua orang hakekatnya berpolitik.

0 komentar