Alat-Alat Pendukung Kegiatan Blogging

Sebagai blogger otodidak yang miskin ilmu, jelas saya gagap ultra ekstrim saat awal memulai ngblog. Dari pengalaman yang dilalui selama saya ngeblog, saya punya sedikit info untuk kawan-kawan sesama blogger otodidak [bukan untuk para master 👀]. Info disini adalah info yang berkaitan dengan alat-alat persiapan utama [bisa juga dibilang wajib] yang sebaiknya dimiliki oleh para blogger. Langsung saja.

Alat-Alat Pendukung Kegiatan Blogging

Alat-Alat Pendukung Agar Ngeblog Lebih Mudah

Beberapa alat tidak harus bermerk sama, kita bisa menggunakan software lain yang fungsinya sama, selama kita bisa menggunakan software tersebut.

1. Komputer/Laptop [Hardware]

Sebagai yang berniatan nge-blog laptop atau komputer adalah senjata utama dan pertama. Fungsi utama di sini sebenarnya lebih kepermasalahan untuk membuat/ mengotak-atik template/ wadah/ tampilan untuk menampung artikel blog. Karena setelah tampilan dirasa cukup memuaskan, meng-upload artikel tidak harus menggunakan laptop atau komputer.

Namun bagaimanapun juga, ujung-ujungnya kita akan tetap sepakat bahwa menulis artikel akan tetap nyaman menggunakan laptop atau komputer desktop daripada menggunakan smartphone, meskipun smartphone masa kini sanggup menjalankan tugas untuk kegiatan menulis artikel blog.

2. Editor Gambar [Software]

Editor gambar disini digunakan untuk olah gambar yang akan kita upload bersama artikel atau juga untuk edit logo atau ikon blog nantinya. Software-nya sendiri bisa menggunakan software editor gambar apapun sesuai kebutuhan dan kenyamanan si blogger. Yang perlu digaris bawahi adalah kita perlu bijak untuk menetukan format output dari gambar itu sendiri yang nantinya akan kita ungguh pada blog. Saya sendiri menggunakan berbagai macam editor gambar dari mulai Adobe Photoshop, Coreldraw, AAAlogo dan Picpick.

3. Pem-publikasi Artikel [Softwre]

Software ini tidak wajib, tapi akan sangat membantu jika kita punya. Software ini berguna untuk menulis artikel saat kita tidak terhubung ke intenet atau offline. Software ini sangat membantu untuk para penulis. Dengan alat ini penulis dapat menulis artikel tanpa harus menunggu koneksi dahulu dengan internet. Selain itu software ini juga akan berguna bila mana sedang terjadi mati lampu.

Saya semdiri menggunakan Open Live Writer untuk menampung ide-ide atau inspirasi yang sering datang tiba-tiba.

4. Koneksi Internet

Kita sama-sama tahu apa kegunaannya. Yap koneksi inilah yang akan kita butuhkan untuk meng-onlinkan artikel kita. Demikian sekilas berbagi dari pemahaman saya perihal alat-alat [software maupun hardware] untuk mendukung kegiatan ngeblog.

Demikian ulasan alat-alat pendukung kegiatan blogging, bila anda "keranjingan" blogging dengan sendirinya anda akan menyadari kebutuhan-kebutuhan untuk menjadi seorang blogger.

0 komentar

Post a Comment