Beli Template Blog Untuk Ngeblog Di Blogspot

Beli Template Blog Untuk Ngeblog Di Blogspot | Sebelum bikin blog saya pikir saya punya banyak ide untuk dituangkan menjadi postingan yang keren, namun setelah blog siap tampil sepertinya ide-ide yang dulu nangkring di otak sudah bubar barisan.

Saya sudah bikin blog, saya harus menulis apa?! Saya tidak tahu, serius tidak tahu. Yang saya tahu saya suka bermain gitar dan suka mengarang. Tapi lagi-lagi permasalahan klasik menjerat, inspirasi tak kunjung juga datang.

Tambah-tambah demam template malanda. Otak saya yang tadinya disiapkan untuk menulis tentang masalah gitar dan seni musik malah jadi lebih sibuk terobsesi pada tampilan dan masalah script-men-script. Hampir tiap kali nongkrong di blog bukan nulis issue gitar atau musik malah sibuk gonta-ganti tema/template. Puluhan bahkan mungkin ratusan kali saya harus gonta-ganti template😕. Sudah pakai template model ini, mendadak naksir yang itu, sudah pake yang itu, pengin template itu yang lainnya.

Tapi kemudian saya menyadari, bahwa demam template membuat saya tambah wawasan. Demam template membuat saya jadi sering jalan-jalan berwisata blog atau sering diistilahkan blogwalking. Saya jadi tambah sedikit tahu tentang HTML, CSS, JAVA SCRIPT. Yah meskipun tidak menguasai saya merasa beruntung sudah bisa tahu. Dalam blogwalking, kadang saya meninggalkan komentar, kadang skedar membaca, merayapi dan menyerap artikelnya tanpa meninggalkan komentar barang 1 titikpun. Bukan tidak ingin meninggalkan jejak, tapi bagi saya, bertanyapun semestinya pake ilmu (tata cara bertanya) bukan asal njepat dari mulut.

Saya jadi tahu masih banyak orang baik di muka bumi, faktanya mereka gemar membagikan ilmu dan wawasan melalui artikel blog. Sangat bermanfaat untuk kita-kita para otodidak yang tidak mengenyam pendidikan  seperti mereka.

Membeli Template

Seperti kita tahu di dunia maya khusunya kawasan blogging, banyak tersedia template dari mulai yang gratis sampai yang berbayar. Baik template dari blogger sendiri sampai para sukarelawan independen. Saat masih demam template saya masih suka template yang gratis, selain sudah keren, juga tidak mengeluarkan biaya, sekali lagi GRATIS 😀.

Ada satu template gratis yang kemudian membuat saya merasa cocok sesuai keinginan, tapi saya masih ada ganjalan di pikiran. Saya tidak bisa (boleh) memaksakan menghilangkan credit footer. Meskipun diberi kemampuan bisa, saya pikir saya sangat tidak menghargai aturan penyedia templatenya. Memaksa menghilangkan credit footer sangatlah tidak menghargai  pembuatnya.

Singkat kisah, saya googling, blogwalking ke penyedia template keren-keren dari mulai contoh blog , ke mas sugeng, terus kode jarwo dan yang lain-lain yang tidak sanggup saya sebutkan satu per satu. Saya mencari template yang lebih sesuai dengan ide di benak saya. Akhirnya saya menemukan di arlina . Saya pesan lewat email, ditindaklanjuti melalui komunikasi WA, selanjutnya saya transfer uang pembelian dan kemudian saya dikirim link download. Kemudian saya pasang. Sesimpel itu, dan saya lega.

Beli Template Blog Untuk Ngeblog Di Blogspot

Dengan template tanpa credit footer [contoh template murah yang saya beli,] ini bukan maksud saya ingin dianggap bahwa saya sendiri yang membuatnya. Kawan-kawan yang ilmunya sudah mumpuni tahu bagaimana membaca pembuat templatenya meski tanpa credit footer. Dengan template berbayar setidaknya saya sudah diberi hak penuh untuk sekedar rubah-rubah warna mengganti tata susun dan sekedar re-design hal-hal ringan lainnya. Dan satu hal lagi yang penting, saya sudah merasa menghargai karya mereka secara proporsional.

Bagi kawan-kawan blogger otodidak yang ingin merasa lebih bebas untuk me-redesign sekaligus menghargai karya para pembuat template, silahkan berkunjung ke blog yang saya sebutkan di atas atau berjalan-jalan ke penyedia template lainnya.. Dengan rupiah kisaran 100 ribu, anda sudah dapat kebebasan sekaligus penghormatan terhadap si pembuat template. Dan akan lebih merasa nyaman untuk belajar ngeblog; menulis menulis dan menulis.

Demikian kisah saya saat blogwalking sehingga Beli Template Blog Untuk Ngeblog Di Blogspot. Apabila ada pihak-pihak yang kurang berkenan dengan postingan ini, saya mohon kelapangannya, saya tidak ada maksud apapun selain hanya menuangkan ide dalam menulis untuk blog. Poin utama dari yang saya tulis disini hanyalah kampanye untuk kebebasan yang menghargai.

0 komentar

Post a Comment