Dec 28, 2018

Mengenal Istilah Blogging

Mengenal Istilah Blogging | Saat kita memulai kegiatan blogging sebaiknya [minimal] kita punya modal untuk memahami maksud-maksud [istilah] yang kerap kita jumpai dalam dunia blog. Pemahaman tentang komputer juga tidak kalah penting meskipun kita bukan teksnisi.

Sebelum anda [terutama blogger otodidak macam saya] tenggelam dalam pemahaman SEO, pemahaman script dan demam template ada baiknya kita mengenal istilah-itilah dasar blogging, berikut diantaranya;

1. .htaccess
[Dot].htaccess merupakan file akses hypertext, sebuah file yang memungkinkan Anda mengelola konfigurasi server web.

2. Alexa Rank
Sebuah peringkat website yang dibuat oleh situs Alexa.com. Alexa Rank menampilkan peringkat website berdasarkan trafik pengguna internet yang memasang Toolbar Alexa pada browser mereka. Bila nilai angka pada Alexa Rank blog kita semakin kecil, maka akan semakin bagus.

3. Anchor Text
Sebuah teks yang berisi link didalamnya. Misal teks kodeliminal jika diklik akan menuju Blog Kodeliminal

4. Backlink
Sebuah link yang terdapat pada blog lain yang menuju ke Blog kita. Backlink ini bisa berwujud Anchor Text maupun beupa penulisan html.

5. Bahasa ASCII
Singkatan dari American Standard Code for Information Exchange (Kode Standar Amerika untuk Pertukaran Informasi). Sebuah enkode karakter yang terpusat pada alfabet bahasa Inggris.

6. Black Hat SEO
Suatu teknik yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara ilegal yang melanggar peraturan [TOS] yang ditetapkan mesin pencari [Search Engine] seperti Google, Bing dan lain-lain.

7. Blog
Blog merupakan kependekan dari Weblog yang merupakan bagian dari aplikasi web yang berwujud tulisan-tulisan dan berisi media yang mengandung nilai data atau informasi.

8. Blogger
Sebutan bagi seseorang yang menulis melakukan kegiatan blogging atau menulis pada sebuah blog.

9. Blogging
Kegiatan - kegiatan yang dilakukan dalam dunia blog, baik itu menulis maupun mengerjakan sesuatu yang tujuan utamanya adalah "menghidupkan" blog.

10. Blogosphere
Istilah yang dipergunakan untuk menjelaskan dunia yang diciptakan oleh jaringan blog, bisa dibulang kumpulan beberapa blog yang saling mengait antara satu blog dengan blog lainnya.

11. Blogroll
Merupakan fitur dari Blogger yang menampilkan link - link tertentu sesuai yang mereka tambahkan. Fitur ini biasa digunakan untuk memudahkan kita mem-bookmark alamat-alamat blog yang kita suka.

12. Breadcrumb
Adalah sebaris urutan tautan internal pada bagian atas atau bawah laman yang memungkinkan pengunjung menavigasi kembali ke bagian sebelumnya atau ke laman akar dengan cepat.

13 CAPTCHA
Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart (Uji Turing Publik Terotomatisasi Penuh untuk membedakan antara Komputer dan Manusia).

14. CSS
Singkatan dari Cascading Style Sheets; sebuah bahasa untuk menentukan desain dan tata letak sebuah laman web.

15. Cuplikan/ Snippet
Teks yang ditampilkan di bawah judul dari laman web terkait yang muncul di laman hasil penelusuran mesin telusur. Ringkasan laman web dan/atau bagian laman yang cocok dengan kata kunci penelusuran akan ditampilkan.

16. Dofollow Link
Link berkelanjutan. Jika anda dan pengguna situs anda menautkan ke situs yang anda percaya dan/anda ingin membagi reputasi situs, gunakan dofollow.
Contoh:
<a href="http://www.sudahpasti.com" rel="dofollow">Bikin Terkenal</a>.komentar</a>.

17. Domain
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server pada jaringan komputer atau internet. 

18. Dummy Blog
Merupakan situs atau blog yang bertujuan hanya untuk memperoleh backlink untuk blog utama.

19. Duplicate Content
Konten hasil duplikasi (biasanya berupa teks/artikel) dalam sebuah situs atau blog.

20. Favicon
Favicon merupakan singkatan dari Favorite Icon adalah sebuah ikon yang ditampilkan dengan logo sebuah web atau blog yang ditampilkan pada Address Bar.

21. Feed
Sering disebut juga dengan Feed Web atau Feed News, adalah format data yang digunakan sebagai umpan pada pengguna internet supaya mudah untuk berlangganan pada postingan suatu blog.

22. Flash
Teknologi atau perangkat lunak web yang dikembangkan oleh Adobe Systems Incorporated. Teknologi ini dapat membuat konten web yang memadukan suara, video, dan animasi. 

23. Footer
Bagian paling bawah halaman blog.

24. Google AdWords
Layanan periklanan yang menempatkan iklan relevan di laman hasil penelusuran dan konten lainnya. Saat pengguna menelusuri kata kunci menggunakan Google, iklan AdWords yang terkait dengan kata kunci tersebut akan ditampilkan di bagian kanan, atas, dan/atau bawah laman hasil penelusuran bersama dengan hasil penelusuran organik.

25. Header
Bagian paling atas halaman blog. Ini biasa digunakan untuk menempatkan judul, deskripsi blog atau logo blog agar memudahkan mesin telusur mengenali Blog.

26. HomePage
Halaman utama/ awal pada suatu web.

27. Hosting
Tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah anda buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain. Hosting bisa digambarkan layanan sewa lahan ruko di dunia internet untuk kita mangkal agar bisa tampil berjualan.

28. HTML
Hyper Text Markup Language  adalah bahasa kode/simbol yang sedemikian rupa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web.

29. JavaScript
Sejenis bahasa pemrograman. Bahasa ini dapat menambahkan fitur dinamis ke laman web dan digunakan oleh banyak layanan web guna memanipulasi tampilan agar lebih hidup. Contohnya berupa teks yang berjalan, berputar dan lain-lain.

30. jQuery
Merupakan sebuah library JavaScript yang sangat ringkas dan sangat sederhana untuk memanipulasi komponen di dokumen HTML.

31. Keyword
Merupakan kata Kunci/frasa yang diinput seseorang di mesin pencari (search engine) yang ditujukan untuk memudahkan pencaraian di internet. Contohnya, Anda mengetik di Google dengan menggunakan kata kunci "Istilah Blogging".

32. Kolom Komentar
Tempat yang dikhususkan untuk para pengunjung untuk memberikan komentar pada suatu postingan, bisa berupa saran, kritik, dan diskusi.

33. Komentar SPAM
Komentar yang ditulis semata-mata hanya untuk promosi atau memperoleh backlink dan komentar yang ditulis tidak bersangkutan dengan Postingan yang dibahas.

34. Kueri Penelusuran
Satu atau beberapa yang merupakan sebuah masukan dari pengguna saat melakukan penelusuran di mesin telusur.

35. Label
Label adalah sebuah istilah penandan kategori untuk mengelompokkan artikel (postingan) yang masih berhubungan satu sama lain dalam kaitan isi bahasan. Tujuan menampilkan label ini agar mempermudah pengunjung untuk menemukan artikel yang sedang dicari dan yang berkaitan deangan yang dicari.

36. Laman
Hampir sama dengan Postingan, tapi tulisan ini diketik di halaman tertentu yang bianya bersifat lebih statis dari Artikel/ Postingan; Isi Contohnya berisi Profil Pemilik Blog, Keterangan Kontak, About/ Tentang Tema Blog, Privacy-Policy.

37. Link
Alamat URL yang terdapat pada teks atau gambar sebagai portal untuk menuju alamat yang ditentukan oleh pembuat link.

38. Niche Blog
Suatu kata/frase untunk topik atau subjek bahasan tertentu yang terfokus dan diminati oleh kalangan tertentu. Contoh: Blog tentang Pembahasan Ilmu Bermain Gitar, yang dibahas adalah tentang pemainan gitar saja.

39. Nofollow Link
Link tidak berkelanjutan. Jika Anda dan pengguna situs anda menautkan ke situs yang tidak anda percaya dan/atau tidak ingin membagi reputasi situs, gunakan nofollow.
Contoh:
<a href="http://www.mencurigakan.com" rel="nofollow">Pelaku Spam Komentar</a>.

40. Page Rank
Page Rank merupakan cara (algoritma) untuk memberikan peringkat pada halaman web yang mencerminkan seberapa penting halaman web tersebut dengan halaman web lainnya. PageRank digunakan pada mesin pencari (search engine) seperti Google. Skor PageRank berkisar antara 0 - 10. 
Bila nilai angkanya semakin besar, maka akan semakin bagus

41. Peta Situs XML
Daftar laman pada situs web tertentu. Dengan membuat dan mengirimkan daftar ini, anda dapat memberi tahu Google semua laman di situs web, termasuk URL apa pun yang mungkin tidak terdeteksi oleh proses perayapan reguler Google.

42. Ping
Ping merupakan singkatan dari Packet Internet Gopher, yaitu tool jaringan komputer yang digunakan untuk menguji apakah sebuah komputer atau hosting bisa dibuka di internet. Dalam dunia blogger, ping merupakan tindakan mengirimkan pesan jaringan ke suatu server untuk menginformasikan bahwa blog kita telah di update. Simpelnya Ping adalah alat untuk memberi informasi "kita ada".

43. Posting
Suatu kegiatan oleh seorang Blogger untuk mengirimkan Artikel ke dalam Blognya.

44. Pro Blogger
Blogger profesional yang sudah berpengalaman dalam dunia Blogging.

45. SEO
Search Engine Optimization atau yang sering disebut SEO adalah sebuah usaha untuk mengoptimalkan sebuah situs agar mudah ditemukan/terindex oleh Mesin pencari seperti Google. Salah satu kegiatan SEO adalah permainan Backlink.

46. SERP
Merupakan kependekan dari Search Engine Result Page yang merupakan hasil pencarian terhadap mesin pencari [search engine]. Misalnya Anda sedang melakukan pencarian di Google dengan menggunakan kata kunci yang Anda cari, kemudian akan muncul 10 hasil pencarian sesuai dengan kata kunci Anda tadi. Nah, Itulah yang dimaksud dengan SERP.

47. Sidebar
Kolom-kolom yang terdapat disisi blog. Biasanya digunakan untuk meletakkan Gadget/Widget.
Subscriber Pengunjung yang berlangganan kepada suatu web atau blog, bisa melalui RSS Feed, Email ataupun Atom.

48.Tata letak
Tata letak merupakan bagian dalam C-Panel Blogger. Pada bagian ini berfungsi untuk menambahkan, mengurangai serta mengatur tataletak.

49. Template
Suatu tema atau desain pada suatu Blog, Template ini berfungsi untuk mengatur tampilan blog. Istilah Template mirip maknanya dengan tema untuk mengatur tamplian UL pada Smartpone.

50. Traffic
Istilah satuan untuk menilai lalulintas orang - orang yang mengunjungi blog kita.

51.UI
User Interface. Berkaitaan dengan hal tampilan layar

52. Umpan RSS
Merupakan singkatan dari Really Simple Syndication, data yang mencakup teks ringkasan atau lengkap yang mendeskripsikan pembaruan situs/blog. 

53. URL
Merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator, rangkaian karakter menurut format dan standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat link tertentu.Contoh : http://carancean.biz.id.

54. User-Agent
Perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan pengguna saat pengguna tersebut mengakses situs web.

55. UX
User Experience. Berkaitan dengan hal pengalaman pengguna

56. White Hat SEO
Suatu teknik yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara legal dan tidak melanggar peraturan [TOS] yang ditetapkan oleh search engine.

57. XML
Merupakan singkatan dari eXtensible Markup Language, adalah sebuah format teks sederhana yang diturunkan dari SGML, dan digunakan untuk memudahkan sindikasi informasi dengan menggunakan teknologi RSS.

Istilah Blogging Untuk Dipahami Blogger Pemula

Semoga rangkuman Istilah Blogging dapat membantu kita untuk lebih akrab dengan dunia blog.

4 comments

  1. banyak sekali istilah2 per bloggingan, sy yg sudah lama mencoba ngeblog baru tau infonya

    klik WM PROPERTI BALI untuk info tentang properti dan pemborong, pengawas proyek di Bali

    ReplyDelete
  2. Benar mas , saya sendiri menulis ulang dari berbagai sumber dengan harapan dapat mengingat dari sering membaca istilah2 dasar blogging di blog sendiri. soal kadang sering lupa. Istilah saya menulis untuk mengingat lah.

    ReplyDelete
  3. wah banyak juga yaa istilah-istilah dalam dunia Blogging. baru tahu istilah yang nomor 57, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah, biar gak spaneng, terimaksih sudah berkunjung

      Delete


EmoticonEmoticon