Dec 24, 2018

Teori Ekonomi Dari Berbagi Versi

Teori Ekonomi Dari Berbagi Versi | Ekonomi berasal dari kata Oikos dan Nomos. Oikos yang berarti Rumah Tangga dan Nomos yang berarti Aturan/ Tatanan. Secara sederhana, makna dari Ekonomi adalah Tatanan Rumah Tangga yang berkaitan dengan nilai material.

Contoh misal:
"Kejadian cekcok antara sepasang suami istri itu dilatar belakangi oleh adanya pihak ketiga dalam kisah asmara.".

Kalimat tersebut memberi informasi bahwa kejadian cekcok suami istri dipicu oleh adanya pihak ketiga, bukan karena salah satu dari pasangan suami isti kurang uang. Hal ini menyiratkan adanya pembatasan antara wilayah ekonomi/ ilmu ekonomi dengan wilayah ilmu lainnya. Meskipun antara yang satu dengan yang lain akan ditemukan kaitannya.

Ekonomi

Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Ilmu Ekonomi sendiri sebenarnya adalah cabang dari Ilmu Sosial. Banyak teori yang menjelaskan tentang ilmu ekonomi. Teori-teori Ekonomi tersebut biasanya mempunyai landasan/ pemicu/ sudut pandang yang berbeda, ini dikarenakan setiap individu mempunyai moment sendiri dalam kehidupannya. Minuman kopi yang sama bisa terasa berbeda karena disajikan pada waktu yang berbeda.

1. Aris Toteles (berdasarkan teori nilai barang)
Ilmu ekonomi adalah suatu cabang yang bisa digunakan melalui 2 jalan yaitu kemungkinan untuk dipakai dan kemungkinan untuk ditukarkan dengan barang. Nilai pemakaian dan nilai pertukaran.

2. Adam Smith (berdasarkan teori tujuan)
Ilmu ekonomi adalah ilmu sistematis yang mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk mencapai tujuan tertentu.

3. Samuekon (dasar teori pemanfaatan sumber daya)
Ilmu ekonomi adalah suatu studi yang menganalisis kerugian dan keuntungan meningkatkan pola-pola tertentu dalam pemakaian sumber daya.

4. Suherman Rosyidi (dasar teori kebutuhan dan tujuan)
Ilmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berusaha sungguh-sungguh untuk memberikan pengetahuan dan pengertian tentang gejala-gejala masyarakat yang timbul karena perbuatan manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai kemakmuran

5. Amwal (dasar teori sumber daya dan tujuan manusia)
Ilmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu yang menjelaskan mengenai bagaimana menentukan keputusan yang efektif dalam mengelola sumber daya yang ada dalam rangka memenuhi kebutuhan individu atau masyarakat.

Menurut saya, ekonomi adalah keadaan yang dapat dinilai dengan angka untuk disikapi sesuai dengan tujuan yang tujuan tersebut dapat menghasilkan nilai angka. Bagaimana ekonomi menurut anda?

0 komentar

Post a Comment