Memahami Makna Literasi

Apakah Ngeblog termasuk Literasi? Aku Pikir Iya. Berikut adalah makna literasi yang kodeliminal lamsir dari laman Jabarprov.go.id.

Makna Literasi

Dilasnisir dari Jabarprov.go.id, menurut kamus online Merriam-Webster, Literasi berasal dari istilah latin 'literature' dan bahasa inggris 'letter'. Literasi merupakan kualitas atau kemampuan melek huruf/aksara yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis. Namun lebih dari itu, makna literasi juga mencakup melek visual yang artinya "Kemampuan untuk mengenali dan memahami ide-ide yang disampaikan secara visual [adegan, video, gambar]."

National Institute for Literacy, mendefinisikan Literasi sebagai "Kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat." Definisi ini memaknai Literasi dari perspektif yang lebih kontekstual. Dari definisi ini terkandung makna bahwa definisi Literasi tergantung pada keterampilan yang dibutuhkan dalam lingkungan tertentu. 

Di lain sisi, EDC [Education Development Center] menyatakan bahwa Literasi lebih dari sekedar kemampuan baca tulis. Namun lebih dari itu, Literasi adalah kemampuan individu untuk menggunakan segenap potensi dan skill yang dimiliki dalam hidupnya. Dengan pemahaman bahwa literasi mencakup kemampuan membaca kata dan membaca dunia.

Literisi Menurut UNESCO

Sementara menurut UNESCO [United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization], pemahaman orang tentang makna literasi sangat dipengaruhi oleh penelitian akademik, institusi, konteks nasional, nilai-nilai budaya, dan juga pengalaman. Pemahaman yang paling umum dari literasi adalah seperangkat keterampilan nyata, khususnya keterampilan kognitif membaca dan menulis terlepas dari konteks di mana keterampilan itu diperoleh dan dari siapa memperolehnya.

Kemudian UNESCO menjelaskan bahwa kemampuan literasi merupakan hak setiap orang dan merupakan dasar untuk belajar sepanjang hayat. Kemampuan literasi dapat memberdayakan dan meningkatkan kualitas individu, keluarga, masyarakat. Karena sifatnya yang Multiple Effect atau dapat memberikan efek untuk ranah yang sangat luas, kemampuan literasi membantu memberantas kemiskinan, mengurangi angka kematian anak, pertumbuhan penduduk, dan menjamin pembangunan berkelanjutan, dan terwujudnya perdamaian. Dan perlu diketahui, beberapa yang menghalangi perkekmbangan literasi antara lain adalah rendahnya minat membaca dan buta huruf.

Kesimpulan Sederhana

Dengan membaca uraian di atas, Kodeliminal menganggap bahwa setiap orang yang mampu menggunakan otak dan mengendalikannya untuk keperluan pribadi dan kepentingan hidup dalam bersosial berarti mempunyai daya untuk beliterasi.

0 komentar

Post a Comment