5 Kiat Memelihara Dan Merawat Blog

5 Kiat Memelihara Dan Merawat Blog | Seorang pebisnis yang rajin kampanye di dunia maya lebih besar kemungkinannya dikenal dari pada yang tidak. Salah satu kegiatan kampanye bisnis di dunia maya adalah dengan membuat blog.

Blogging adalah sumber daya yang penting untuk pemasaran bisnis apapun di internet. Blog yang baik akan membantu membangun bisnis, terutama jika bisnis anda bisnis online [dan faktanya kini semua bisnis bersinggungan atau terpengaruh pergerakan dunia online].

Berkaitan dengan hal tersebut, blog / situs juga tidak akan begitu efektif jika tidak dimaksimalkan cara kerjanya. Baik memaksimalkan untuk mesin pencari [SEO] maupun memaksimalkan blog / web/ situs  untuk para tamu yang datang secara langsung.

5 Kiat Memelihara Dan Merawat Blog

Berikut adalah 5 kiat sederhana yang dapat merawat dan meningkatkan blog supaya lebih berpotensi.

1. Maksimalkan Judul Dan Tema Pembahasan
Judul adalah hal pertama yang akan dilihat oleh pengunjung. Oleh sebab itu judul blog kita harus cukup menarik untuk mendapatkan perhatian masyarakat online. Tapi jangan menjebak alias asal menulis judul. Kasihan pengunjung.

2. Maksimalkan Konten Postingan Blog
Seperti hanya susuan surat resmi, membuat konten blog sebaiknya jangan asal-asalan. Konten blog juga harus mudah di baca. Berilah tanda atau penomeran untuk sesuatu yang memang perlu diberi nomer. Berikan tanda baca koma dan titik pada tempatnya.

Dengan tulisan menggunakan kalimat yang baik serta tanda baca yang benar maka blog akan memberi informasi yang jelas kepada pengunjung. Efek yang kita dapati adalah pengunjung akan betah berlama-lama di blog kita.

3. Gambar Yang Relevan Sesuai Isi Postingan
Konten tanpa gambar dapat sangat membosankan, maka jangan lupa untuk membubuhi postingan dengan gambar yang relevan dan menarik. Manusia itu makhluk yang sangat visual, mata kita suka akan melihat gambar gambar yang indah dan menarik [dan ini kebetulan juga masalah saya, tidak begitu telaten menggambar yang baik].

4. Mengamati Statistik
Jangan lupa mengamati bagaimana tingkah laku pengunjung di blog kita. Blogger sendiri mempunyai alat untuk merekam statistik. Pelajarilah beberapa informasi yang kita dapat dari data tersebut untuk menentukan sikap apa yang harus kita maksimalkan terhadap blog.

Sumber lalu lintas, dengan membaca statistik kita dapat mengetahui dari mana pengunjung berasal, dari perangkat komputer atau smarthpohone. Dengan membaca statistik ini juga kita dapat mengetahui kapan blog ramai atau kapan blog sepi pengunjung. Tampilan, kecakapan dan kelauwesan serta kenyaman adalah juga bagian penting. Orang tidak akan betah jika melihat tampilan blog tidak menarik, apalagi miskin petunjuk yang jelas.

5. Ajakan Atau Kampanye
Jika kita ingin pengunjung melakukan sesuatu di blog kita semacam saran untuk membaca, untuk mendownload atau untuk membeli produk, kita harus menempatkan petunjuk yang jelas, yang mudah dibaca dan dimengerti.

Demikian 5 Kiat Memelihara Dan Merawat Blog, semoga bermanfaat dan blog anda ramai pengunjung.

0 komentar

Post a Comment