Pemahaman Tentang Jejaring Sosial Online

Pemahaman Tentang Jejaring Sosial Online | Kita semua kemungkinan sudah pernah mendengar itu sebelumnya, tapi tidak semua orang tahu apa artinya? apa kita bisa memberikan definisi yang akurat? Sayangnya, kebanyakan orang tidak menyadari, meskipun kemungkinan mereka berpartisipasi dalam beberapa bentuk jaringan sosial.

Definisi Jaringan Sosisal Serta Jejaring Sosial Online

Jaringan sosial diartikan sebagai kelompok individu yang dalam kelompok-kelompok tertentu, kelompok tertentu tersebut dapat berbentuk seperti sebuah komunitas kecil atau lingkungan.

Meskipun jaringan sosial dapat berupa hubungan antara orang seprti forum di sekolah atau di tempat kerja, tapi jaringan seosial tersebut tidak sepopuler Jaringan Sosial Online semacam Facebook, Friendster, Instagram, WikiHow dan lain sebagainya.

Hal ini karena jaringan sosial di internet dapat berisi ribuan bahkan hingga jutaan individu dari orang-orang yang mencari pengguna internet lain dalam mengembangkan jaringan pertemanan mereka.    

Konsep Pada Jejaring Sosial

Bebrapa bentuk atau konsep jaringan sosial tersebut terbentuk karena alasan ikatan / basik yang sama, apakah itu ikatan hobi, agama, atau politik. Setelah kita diberikan akses ke situs jejaring sosial, kita dapat memulai untuk bersosialisasi.  Tindakan bersosial dalam jaringan sosial online ini termasuk membaca profil  atau halaman profil anggota lain atau bahkan menghubungi mereka.  

Teman-teman yang kita dapatkan di jejaring sosial adalah salah satu dari banyak manfaat dalam jaringan sosial online. Tidak seperti  jejaring sosial di sekolah atau tempat kerja, internet memberikan hubungan individu dari seluruh dunia.

Ini berarti bahwa meskipun kita berada di Hongkong, misalnya, kita dapat mengembangkan persahabatan online dengan seseorang di Jepang atau Indonesia atau negara-negara di wilayah yang jauh dari wilayah kita. Kita bukan hanya mendapat kawan baru tapi lebih dari itu kita mungkin juga akan mendapat wawasan-wawasan baru yang sebelumnya tidak kita ketahui misalnya tentang budaya, sejarah dan lainnya.

Seperti disebutkan sebelumnya, jejaring sosial sering berwujud kelompok / organisasi atau individu tertentu. Sementara ada juga sejumlah situs jaringan sosial yang fokus pada internet tertentu, ada orang lain yang tidak dapat memasukinya atau bergabung. Situs ini sering dianggap situs tradisional jaringan sosial.

Pemahaman Tentang Jejaring Sosial Online


Jenis situs web ini biasanya memiliki keanggotaan terbuka. Ini berarti bahwa siapa pun dapat menjadi anggota, tidak peduli apa hobi mereka, keyakinan, atau pandangan mereka tentang agama dan ataupun politik. Namun, setelah kita berada di dalam komunitas online ini, kita juga dapat mulai untuk membuat jaringan sosial sendiri, sehingga tidak melibatkan orang lain yang tidak memenuhi kriteria jaringan sosial anda.

Baca Juga: Online Shop Mandiri Memperbesar Peluang Pasar

Kejahatan Pada Jejaring Sosial

Bukan hanya di dunia nyata ancaman bahaya juga terdapat di dunia maya dalam hal ini pada jaringan sosial online. Seperti saat halnya kita bertemu teman-teman jalanan, sekolah atau lingkungan kerja, kita disarankan untuk berhati-hati dalam tindak-tanduk secara online.

Dengan menjadi sadar akan lingkungan kita dan dengan siapa kita sedang berbicara, atau berhubungan dengan siapakah kita, maka kita dapat dengan aman dan nyaman menikmati jaringan sosial online.

0 komentar

Post a Comment