Blogger Pemula Wajib Tahu

Blogger Pemula Wajib Tahu | Sebagai blogger terutama blogger otodidak tentu akan menghadapi masalah sama antara yang satu dengan yang lainnya. Kita rata-rata akan menghadapi kejutan-kejutan diluar perkiraan kita. 

Bagi yang benar-benar pemula akan butuh waktu yang tidak sedikit untuk menyadari bahwa dirinya masih butuh banyak pelajaran dan pengalaman [ termasuk aku ].

Dalam dunia blogging trial dan eror adalah bagian yang tidak bisa dihindari. Setiap saat kita akan menemui masalah-masalah atau hal baru yang mana masalah itu juga akan mendewasakan dan mendidik kita dalam bidang / hobi blogging ini. Berikut beberapa hal penting yang wajib diketahui oleh blogger.

Blogger Pemula Wajib Tahu

1. Blogger Pemula Wajib [Minimal] Paham Bahasa Inggris

Tidak harus memahami dan bisa mengucapkan bahasa Inggris dengan fasih dan totalitas. Tapi blogger memang sebaiknya dapat memahami kosakata-kosakata dasar bahasa Inggris. Mengapa? karena memang blogger akan menemui banyak petunjuk-petunjuk dari layanan blog atau istilah yang mengunakan bahasa inggris.

Jika kita benar-benar tidak mengetahui bahasa Inggris sama sekali maka hampir pasti kita menghadapi kesulitan yang paling mendasar.

2. Blogger Wajib Tahu Bahwa Template / Tema Itu Penting

Untuk yang benar-benar memulai blogging biasanya akan fokus pada kegiatan menulis. Kita belum tahu bahwa ada sesuatu yang belum terlintas di fikiran, yaitu template atau tema. Kita baru menyadari ada sesuatu yang kurang saat kita melakukan kunjungan ke blog lain. Kita akan menyadarai bahwa template blog bawaan blogspot terasa terlalu kaku dibanding blog-blog lain yang menggunakan template khusus [bukan template bawaan blogspot].

Entah itu template buatan sendiri maupun template / tema blog yang didapat melalui pembelian pada toko-toko template.

Kita harus menyesuaikan tampilan blog kita dengan visi misi [konten] apa yang kita bawa. Contoh misal, blog yang memuat berita akan terlihat elok jika bertampilkan tema blog bawaan blogspot yang berkesan datar-datar saja.

Maka jika anda sempat membaca artikel ini sebaiknya anda mulai berkunjung ke banyak blog untuk merenungi pentingnya tampilan wabsite / blog dan mulai berpikir untuk menggunakan template blog yang cocok untuk anda gunakan.

3. Blogger Pemula Minimal Tahu Script, Kode Beserta Fungsinya

Jika anda benar-benar otodidak [ seperti aku ] dan mulai menggemari blogging, maka dengan serta merta anda akan tertarik untuk mempelajari script / kode.

Sebagai seorang blogger yang tujuan utamanya menulis memang tidak harus menguasai script atau bahasa-bahasa kode lainnya, tapi percayalah dengan beberapa pemahaman akan fungsi kode-kode / script tersebut akan memudahkan kita dalam mengkreasikan tampilan dan fungsi fungsi pada blog.

Jika tidak bisa menguasai, minimal kita bisa mengetahui maksud dari kinerja Java Script, CSS dan fungsi HTML.

4. Blogger Wajib Mengetahui Ada Hal Penting Lain Di Luar Blog

Hal lain yang aku maksud adalah sesuatu yang penting yang keberadaanya di luar Blog. Hal penting itu antara lain adalah tentang keberadaan Google Search Console untuk mengklaim kepemilikan, Google Analytics untuk membaca statistik yang sebaiknya kita kaitkan. Ada lagi perihal optimasi SEO, pentingnya DA dan PA, mengecek kecepatan blog dan lain sebagainya.

Selain itu kita perlu mendaftarkan blog kita ke berbagai mesin pencari serta mengaitkan blog ke berbagi tautan media sosial. 

5. Monetize Blog Dengan Menjadikan Sumber Penghasilan

Bisanya blogger baru agak terlambat menyadari ada sisi lain blogging yang membuat penasaran. Yah, ini adalah sisi lain blog yang sebaiknya kita ketahui dan tidak disia-siakan. Terlebih jika anda jago menulis. Setelah anda merasa puas akan tampilan, puas akan kinerja blog serta yakin akan konten anda sebaiknya mulailah mengenal kegiatan monetize.

Bisa disederhanakan bahwa pengertian monetize blog adalah usaha untuk meng-uang-kan kegiatan blogging kita [mirip gambaran: sambil menyelam minum air].

Bagaimana cara meng-uang-kan blog? Kita bisa mulai merapat pada jasa penyedia iklan semacam Adsense, Adnow, Afiliasi dan lain-lain. Kita juga bisa memasang iklan mandiri di blog untuk mempromosikan produk yang kita jual maupun layanan jasa yang kita jalankan.

6. Blogger Wajib Mengikuti Perkembangan Dunia Blog

Jika kita sudah serius untuk menekuni hobi blogging maka mau tidak mau kita harus sering memantau informasi mengenai perkembangan dunia blogging yang memang progresiv agar wawasan kita tidak tertinggal.

Demikian beberapa hal yang perlu diketahui oleh blogger, khususnya bloger otodidak dan pemula. Semoga bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment