Apr 28, 2019

Makna Lagu Alive Pearl Jam

Makna Lagu Alive Pearl Jam | Pada awal lagu, baitnya menggambarkan seorang ibu yang menyela dan menawarkan sebuah cerita kepada anaknya.

Pada awal lagu, makna baitnya menggambarkan seorang ibu yang menyela dan menawarkan sebuah cerita kepada anaknya. Saat itu seolah sang ibu membaca ada kemurungan yang dalam pada diri anaknya yang suka tidak suka memanggil gundah susasana hatinya.

Makna Lagu Alive Pearl Jam

Sang ibu berkata " aku sedih menyaksikanmu sunyi sendiri di rumah pada 13 tahunan umurmu nak, di usia semuda ini kau telah ditinggal mati bapakmu, bahkan kau tidak sempat melihatnya. Dia meninggalkan kita".

Karena sang ibu memang memahami kesedihan anaknya, kemudian suatu ketika sang ibu berjalan pelan menuju kamar anaknya lalu berucap "Aku sudah siap menampung segenap kesedihanmu". Sang anak mencurahkan derita kehilangan ayah dan berkata penuh kesedihan "sampai hari ini aku tak ingat apa-apa tentang ayahmu"

Dengan sigap sang ibu menanggapi "Tataplah aku! tataplah! kau bersamaku! kau tahu dengan siapa kau berada! kau bersamaku!, orang yang tak akan mungkin membiarkanmu hanyut dalam sedih!".

"Adakah masalah nak?!" tanya sang ibu, "tentu saja ada!" sang ibu menjawab pertaanyaanya sendiri, [sebab tak ada jawaban dari si anak yang masih hanyut dalam kesedihan tidak punya bapak].

Sesaat kemudian terlontar tanya dari si anak "mengapa kita harus mengelami / menerima semua ini [takdir ditinggal bapak]?!".

Sang ibu merasa tak sanggup memberi jawaban apapun dari pertanyaan emosional anaknya. Sang ibu hanya dapat menguatkan anaknya dengan kalimat motivasi "kita masih hidup nak!" aku akan bangga jika kau mau berteriak "aku masih hidup!".



"Kita masih hidup nak!", kurang lebih itulah kesan inti dari lagu Pearl Jam yang berjudul Alive ini. Sebuah lagu emosional yang memberi energi pada pendengarnya.

Makna lagu Alive milik Pearl Jam ini ternyata sangat powerfull, menggambarkan sebuah kesedihan sekaligus mengabarkan tentang pentingya menghargai hidup, semangat untuk hidup. Oh yah, I am still alive!


0 komentar

Post a Comment