Apr 29, 2019

Negosiasi Dengan Taktik Efektif

Negosiasi Dengan Taktik Efektif  | Negosiasi bukanlah tentang kalah atau menang, negosiasi adalah tentang bagaimana berkomunikasi dengan baik untuk mencapai kesepakatan dan kepuasan bersama, misalnya tentang tawar menawar harga. Tapi bagaimana cara menjadi negosiator yang baik? Berikut beberapa cara yang bisa kita gunakan saat negosiasi.

Negosiasi Dengan Taktik Efektif

1. Kurangi Bicara Dan Banyak Mendengar [Menyimak]

Tujuan dari negosiasi bukanlah hanya untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, tetapi juga untuk membantu lawan negosiasi mendapatkan apa yang mereka inginkan. Jika tidak, bagaimana kita akan pernah mencapai kesepakatan dengan mereka? Untuk mengetahui apa yang paling mereka inginkan adalah dengan menyimak dengan baik.

2. Manfaatkan Moment Untuk Memaksimalkan Keuntungan

Seringkali waktu terbaik untuk membeli prouduk adalah pada akhir bulan [Kebiasaan di Indonesia Gajian pada akhir bulan]. Para penjual cenderung akan memperbanyak kuota produk. Tahukah anda? Bahwa ini adalah pertanda penjual mempunyai kemungkinan negosiasi lebih besar dengan alasan banyak stock produk. Mereka tentu tidak ingin produk-produk mereka tetap memenuhi gudang lantaran mematok harga produk kelewat tinggi.

3. Membingkai Negosiasi Dengan Tepat

Aturlah skema negosiasi dengan bingkai yang baik, misalnya kita menggunakan alasan diskon, biaya pengiriman atau embahas kualitas barang, apa barang teresbut barang produk yang dapat bertahan lama atau tidak. Disinilah peran bingkai untuk negosiasi.

4. Manfaatkan Timbal Balik Kesepakatan

Memanfaatkan timbal balik dapat digambarkan adalah jika kita ingin menyepakati harga yang mereka patok, kita bisa menanyakan bonus yang akan kita dapatkan.

Contoh dalam tawar menawar produk elektronik; Apabila negosiasi harga terlalu alot untuk disepakati sedangkan kita membutuhkan produk tersebut kita bisa minta syarat bebas ongkos kirim, atau meminta gratis perdana atau keuntungan-keuntungan lain yang berdampak mengurangi nilai harga yang terlalu tinggi.

Demikian adalah taktik dalam bernegosiasi dalam jual beli, ingat negosiasi bukan tentang siapa untuk siapa rugi atau siapa menang siapa kalah, tapi negosiasi adalh usaha untuk mencapai kesepakan bersama untuk kepuasan bersama.

0 komentar

Post a Comment