Benteng Pendem Dikala Sunyi

Benteng Pendem | Benteng Pendem merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Cilacap yang letaknya berada dekat dengan pulau Nusakambangan.

Benteng Pendem  Cilacap
Salah Satu Bagian Ruang Benteng Pendem

Benteng Pendem Salah Satu Objek Pariwisata Andalan Cilacap

Sejarah Benteng Pendem, menurut berbagai sumber Benteng Pendem yang lokasinya juga dekat dengan Nusakambangan adalah sebuah benteng peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1861. Namanya juga benteng, selain sebagai markas tentu fungsi utamanya adalah untuk pertahanan dari kemungkinan serangan musuh. Terutama serangan yang datang dari arah laut.


Benteng Pendem sendiri berlokasi atau bisa dikatakann menyatu dengan objek wisata Pantai Teluk Penyu Cilacap. Meskipun secara geografis Benteng Pendem agak jauh dari pusat Kota Cilacap namun objek wisata Benteng Pendem ini mudah dijangkau.

Wilayah Benteng Pendem terdiri dari beberapa bangunan dan ruang-ruang yang masih kokoh hingga sekarang. Pada petunjuk atau keterangan yang tertera, beberapa ruangan tersebut antara lain adalah ruang barak-barak, benteng pertahanan, benteng pengintai, ruang rapat, gudang persenjataan, gudang mesiu, ruang amunisi dan  peluru, ruang klinik pengobatan, dapur, ruang perwira serta penjara.

Namun demikian, sejak awal ditemukan, banyak ruangan di areal benteng yang tidak diketahui benar sepenuhnya. Selain itu, ada yang menyebutkan bahwa konon di dalam Benteng Pendem ada sebuah terowongan rahasia bawah laut menuju benteng-benteng lainnya dan menuju goa-goa yang ada di pulau Nusakambangan. Beberapa desas-desus mengatakan terowongan tersebut kini sudah tertutup tanah dan tergenang air laut sebab banyak dinding-dinding terowongan yang bocor.

Benteng Pendem Saat Sunyi Lebih Asyik

Kalian akan suka pada kesunyian bukan? Kalian terlalu lelah akan keramaian bukan?! Benteng Pendem yang aku datangi adalah Benteng Pendem saat sunyi, adalah Benteng Pendem yang asyik untuk melepas kepenatan. Kebetulan saat itu sebenarnya jam sekolah / jam kerja sedang bukan pada saat libur.

Benteng Pendem sendiri berukuran cukup luas, menurut sumber dari wikipedia luas Benteng Pendem sekitar 6,5 hektar. Okelah anggap saja tanah yang dapat kita pijak seluas 5 hektar, tentu tempat yang luas untuik kita berjalan-jalan kesana kemari mengelilingi benteng. Melihat-lihat ruang-ruang dalam Benteng Pendem yang sudah berusia ratusan tahun.

Benteng Pendem Dikenal Wisatawan Mancanegara

Selain dikenal oleh wisatawan / turis lokal, Benteng Pendem yang berada di Kota Cilacap Bercahaya ini juga sudah dikenal oleh wisatawan asing / mancanegara, terbukti saat itu kodeliminal juga melihat keberadaan beberapa dari mereka.

Dalam hati terbesit pengharapan semoga mereka mengkampanyaken Objek Wisata Benteng Pendem Cilacap kepada kawan kawan mereka yang mungkin sedang merasakan penat bekerja dan sedang mencari-cari hal-hal klasik di Indonesia.

Semoga mereka mengabarkan kepada kawan-kawan mereka yang ada di Jepang, Rusia, USA , England, Jerman maupun kawan-kawan mereka di negara-negara lainnya bahwa di dekat Nusakambangan yang sering mereka dengar di kanal-kanal berita dunia itu ada Objek Wisata yang namanya Benteng Pendem. Sehingga Benteng Pendem bisa menjadi opsi dalam rencana destinasi wisata mereka ke Bumi Nusantara.

0 komentar

Post a Comment