Objek Wisata Kebun Raya Baturaden

Objek Wisata Kebun Raya Baturaden | Kebun Raya adalah suatu wilayah yang ditanami berbagai tipe tanaman yang diperuntukan buat riset, konservasi, serta objek wisata dan pembelajaran.


Baturaden

Sejarah Berdirinya Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden yang seakan “ Halaman Tumbuhan Pegunungan Jawa” ini menambah catatan Kebun Raya yang dimiliki Indonesia. Tidak hanya untuk riset, pengharapannya Kebun Raya Baturaden menjadi sarana wisata edukasi unggulan di Jawa Tengah.  Kebun Raya Baturaden berada di lereng Gunung Slamet, bersebelahan dengan kawasan Wana Wisata Baturaden serta Bumi Perkemahan Baturaden.

Objek Wisata Kebun Raya Baturaden secara administratif berlokasi di Desa Kemutuk Lor, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kebun Raya yang dikelola Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ini mempunyai luas 143,5 hektar serta terletak pada ketinggian antara 600- 700 m dpl [diatas permukaan laut].

Ide berdirinya Kebun Raya Baturaden sendiri dimulai saat Megawati Soekarno Putri [saat itu Wapres] yang tengah menutup Jambore Nasional Pramuka Tahun 2001 di Bumi Perkemahan Baturaden. Pada 2002, dengan difasilitasi pengelola Kebun Raya Bogor regu khusus dari Pemprov Jawa Tengah melaksanakan riset kelayakan serta perintisan Kebun Raya.

Pada 29 Desember 2004 dilaksanakanlah peresmian, penanaman perdana, serta penandatanganan MoU antara Kepala Litbang Kehutanan Kementerian Kehutanan, Gubernur Jateng, Kepala LIPI, Dirut Perum Perhutani, serta Bupati Banyumas. MoU ini kemudian ditindaklanjuti dengan penerbitan SK Menteri Kehutanan No 85/ Menhut- II/ 2005 tentang Penetapan Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus untuk Hutan Riset serta Pengembangan dan Pembelajaran Lingkungan dalam wujud Kebun Raya Baturaden.

Kesimpulannya pada 19 Desember 2015, Kebun Raya Baturaden formal di- launching secara formal oleh Yayasan Kebun Raya Indonesia Megawati Soekarno Gadis. Ikut muncul dalam kegiatan tersebut, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Wakil Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, serta jajaran pimpinan SKPD Jawa Tengah.

Koleksi Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden mengusung tema“ Tumbuhan Pegunungan Jawa” ini diharapkan menjadi kawasan konservasi serta pelestarian aneka tumbuhan khas pegunungan Pulau Jawa apalagi menjadi Halaman “ Flora of Java“. Kebun raya dengan luas menggapai 143, 5 hektar ini berlokasi di lereng selatan Gunung Slamet dengan ketinggian antara 600- 700 m dpl. Temperatur udaranya sejuk [berkisar antara 20- 30 derajat Celcius].

Tentang Kebun Raya Baturaden

Kelengkapan Kebun Raya Baturaden Sebagai Objek Wisata

Di dalam Kebun Raya Baturaden sudah dibentuk spot-spot tumbuhan. Sebagian diantaranya merupakan Halaman Liana [tanaman merambat], Medical Garden [Halaman Tumbuhan Obat], Halaman Tanaman Paku, serta sebagian hamparan bunga [flower bed]. Spot- spot ini juga hendak terus ditambah setimpal dengan tematik‘ flora of java‘. Tidak hanya koleksi tumbuhan, Kebun Raya 

Baturaden juga sudah dilengkapi dengan beberapa sarana pendukung. Sarana tersebut semacam gapura pintu gerbang, rumah kaca, rumah kompos, rumah anggrek, rumah tumbuhan, tempat pembibitan, gazebo, rumah dinas, kantor pengelola, wahana bermain keluarga, serta zona parkir.

Sudah pernah ke Objek Wisata Baturaden? hah....?