Apr 6, 2019

Cara SEO Sederhana

Cara SEO Sederhana | Membangun Web [ Blog ] yang mapan tidak semudah yang aku bayangkan. Tidak semudah menulis, sebarkan dan terkenal [ pada versi mesin maupun versi human ].

Pernah saya berpikir [ waktu awal-awal ngeblog ], bahwa dengan menulis yang baik sudah cukup [ sebagai Cara Optimasi Seo ] untuk menjadi baik di mata Google, dengan padatnya konten kita berpikir bahwa Google serta merta akan mengakui kualitas tulisan kita untuk kemudian menampilkan pada halaman depan. Ternyata tidak, aku pernah menulis hampir 1 lembar folio dan selama sebulan tidak jua nongol dalam mesin pencari.

Dari pengalaman tersebut aku mulai mencari-cari informasi tentang cara optimasi SEO. Iyah singkatnya aku mendapat banyak informasi, tapi ada masalah mendasar yang ada padaku, sayang, beberapa informasi mengenai teknik optimasi SEO tidak dapat aku mengerti dengan baik.

Seo optimasi seo

Cara Kodeliminal Beroptimasi

Dari banyaknya informasi yang aku dapat dari teknik SEO aku hanya dapat mempraktekkan beberapa saja, dan tentunya yang gratis dan sederhana [maklom blog ecek-ecek].


  • Mendaftarkan Blog Ke berbagai Mesin Pencari
Dalam hal ini, seperti kebanyakan blogger, aku mendaftarkan blog ke Google, Bing dan Yandex. Btw, ada salah satu media sosial yang juga menggunakan model pendaftaran situs kita dengan cara seperti verifikasi model mesin pencari yaitu Pinterest, pada Pinterset sendiri diistilahkan dengan Claim.

  • Menggunakan Kata Kunci
Dalam menulis artikel, yang dulu saat awal-awal ngeblog asal menulis, kini aku mulai menggunakan kata kunci. Merancang postingan seperti; berapa baiknya kata kunci dalam sebuah artikel, penyebaran kata kunci pada masing-masing paragraf, menerapkan kata kunci tersebut sealami mungkin dan lain-lain.
  • Daftar Isi Atau Sitemap
Tidak usah menggambarkan secara ilimiah tentang daftar isi, kita bisa membayangkan fungsi daftar isi yang terdapat pada buku-buku yang kita baca. Kita tahu pasti daftar isi sangat memudahkan dalam pencarian isi. Untuk membuatnya kita tidak perlu repot, banyak orang baik di internet yang membagikan cara membuat daftar isi otomatis blog.

  • Mengaitkan Blog Ke Website / Blog Lain
Kita bisa mencantumkan alamat blog kita di prodil Facebook, Instagram, Friendster.id atau blog-blog lain semacam forum yang kita percaya. Di luar raksasa-raksasa medsos sebaiknya kita memilih forum-forum yang mempunyai nama besar dan cenderung terkenal di masyarakat blog. Bagimanapun itu suka-suka kita sih, cuma semakin berkualitas blog-blog tempat kita mengaitkan link tentunya akan berdampak baik pula bagi blog kita.

  • Memposting Artikel Di Luar Blog Sendiri Dengan Sisipan Link [Back Link]
Aku sendiri paling susah kalo mau menulis artikel untuk ditempatkan di forum, bukan gimana-gimana nah wong blog sendiri saja masih minim artikel lalu ngapain kita harus nulis di forum lain. Iya kalo forum tersebut membolehkan bahwa isi artikel boleh dimuat ulang di blog.

Tapi untuk hal ini sebenarnya kita bisa siasati [meskipun efeknya tidak sedahsyat menulis di forum ternama] dengan cara menulis semacam biodata atau profil di Dokumen Google. Setelah kita selesai menulis, kita atur privasi dokumen tersebut agar dapat dilihat oleh publik. yup

Kemudian jangan lupa, beberapa artikel yang kita buat juga sebaiknya ada sisipan link yang menuju ke luar blog kita, arahkan link ke situs yang relevan dengan isi blog, misal arahkan ke wikipedia bila didalam artikel kita memang ada sangkut pautnya dengan keterangan yang terdapat di wikipedia.

Demikian intisari tentang cara sederhana optimasi SEO yang aku dapat dari hasil jalan-jalan berkunjung ke berbagai blog. Hanya mempraktekkan yang aku bisa, tapi masih banyak teknik SEO lain yang aku belum bisa .

Bagaimanapun, terima kasih untuk para penabur ilmu khususnya yang sudah berbagi pemahaman tentang SEO, sedikit banyak kebaikan kalian sampai pada ku.

0 komentar