Band Dan Soloist Politik

Kodeliminal.com | Politik kadang dan sering membuat suasana menyebalkan, namun dari "permainan" politik ini jua sistem dan kebijakan sebuah pemerintahan/ kekuasaan  di sebuah wilayah/ negara tersusun dan terbentuk. Tapi hal-hal yang menyebalkan dari permainan politik juga "melahirkan" banyak musisi/ band dan soloist. Mereka mendapat "berkah" untuk membuat karya musik yang fenomenal.

Bila kita bicara politik sesungguhnya kita juga bicara cinta, bicara cinta dalam konsep dan artian yang lebih luas dari bicara "cinta antara aku dan pacarku" [renungkan saja sendiri]!

Rage Against The Machine

Band Dan Soloist Musik Bermuatan Politik

Artikel kali ini akan memuat beberapa band dan soloist [bukan sekedar band-band "yang penting bicara politik"], tapi Band dan Soloist yang hampir secara konsisten membuat karya lagu bertemakan sosial politik. Lirik-lirik lagu mereka dipenuhi dengan sindiran, kritikan tajam dan protes. Tidak tanggung-tanggung bahkan karya-karya mereka terindikasi mempengaruhi cara pandang politik para politikus hingga mengubah pandangan politik dunia. Okeh, berikut adalah listnya.


1. Iwan Fals

Terus terang aku salah satu yang orang yang akan setuju jika ada ungkapan "kamu tidak keren jika kamu tidak bisa memainkan satu lagu pun karya Iwan Fals". Hahha, yang mau protes simpan saja yah. Yang asli warga Negara Indonesia yang budiman sampai yang brekele sekalipun pastinya tidak akan asing dengan karya-karya beliau sebagi soloist maupun saat bersama band. Kalian pasti hafal lirik-lirik lagunya, atau paling tidak kalian tidak akan sungkan untuk bernyanyi bersama dengan kawan-kawan tongkrongan. Kodeliminal tidak akan banyak kata tentang beliau dan karyanya, sebab yang membaca artikel ini sendiri mungkin lebih hafal karya-karya bang Iwan Fals dari pada kodeliminal.

2. Bob Marley

Rambut gimbal, hitam dan keren itu ungkapan dari saya pribadi untuk beliau. Pelantun lagu Redemption Song ini benar-benar membuat Paman Sam sering "tersinggung". Pengaruhnya bukan sekedar mempengaruhi orang awam yang mendengarkan karya-karyanya tapi juga mempengaruhi band/ soloist ternama di dunia, terutama dunia musik. Menjadi inpirasi para musisi yang begitu dekat dengan "urusan sosial -politik".

Beberapa lagunya semisal Redemption Song yang liriknya berbicara soal kemerdekaan berpikir dan menggugah orang-orang untuk keluar dari perbudakan, ajakan untuk peduli dan mendukung orang-orang yang membawa misi kebaikan dan lain-lainya.

3. Rage Against The Machine [RATM]

Band yang juga sering di sebut RATM ini salah satu band bermuatan politik yang "kalimatnya" di simak dan banyak jadi bahan inspirasi para pendengarnya. Killing In The Name adalah Salah satu lagu yang berisikan lirik protes yang juga menjadi lagu pengantar terkenalnya mereka di dunia musik.

Band asal LA- Amerika yang beranggotakan Zack de La Rocha, Tom Morello, Brad Wilk dan Tim Commerford sering membuat hit yang berisikan satire maupun protes keras terhadap kebijaksanaan politik pemerintah Amerika yang sering mengutamakan perang dalam menyikapi politik luar negerinya.

Uniknya dalam komposisi musik unik mereka, merka hanya memadukan unsur vokal, gitar, bass dan drum/ perkusi. Sura-suara aneh yang keluar dari media elektronik mutlak dari kemahiran sang gitaris Tom Morello. Pokoknya musikalitas mereka "gila". Lagu-lagu mereka yang terkenal antara lain; Sleep Now In The Fire, Born ff Broken Man, Bulls on Parade, Bullet In Your Head, Bomb Track, Wake Up dan masih banyak lagi.

4. Sepultura

Dari unsur musikalitas dengan corak musik yang lebih berat agak empuk, aku memilih Sepultura untuk mengisi list band bermuatan politik. Teringat ketika pertamkali mendengar Sepultura adalah lagu Arise-nya, ketika itu mungkin umur ku kurang lebih 8-9 tahun, kala itu kakak memutar lagu dari kaset pita yang berisi kompilasi lagu-lagu rock yang lagi hit saat itu yang salah satunya adalah Arise-nya Sepultura.

Sepultura

Band yang sering memadukan unsur musik etnik ini begitu kental dengan muatan lirik yang berbau kritik sosial. Simak saja lagu mereka seperti Chaos A.D. [yang vidio clipnya ada salah satu cuplikan aksi demo di Tiananmen] , Teritorry, Slave New World , Propaganda dan lain-lain..

5. System Of A Down

"Wake-UP!" [ujug-ujug-ujug-ujug], Sangar, sexy, aneh dan horor semua terdapat pada mereka. Banyak yang menjuluki mereka Band Garang Anti Perang. Band Amerika satu ini sendiri beranggotakan orang-orang keturunan bangsa Armenia, yang secara fisik mirip paduan orang eropa dan timur tengah.

System Of A Down SOAD

Pertama kali terangkat ke permukaan dengan cepat adalah saat mereka merilis lagu Chop Suey. Sampai saat tulisan ini saya buat, bagi saya pribadi band inilah yang mengisi/ mengganti kekosongan dunia politik-nya Rock sepeninggal bubarnya RATM.

6. Radiohead

Banyak dari tanah inggris band-band yang membawakan tema sosial-politik, namun saya pribadi menjatuhkan pilihan pada band Radiohead yang beranggotakan Tom York dan kawan-kawan. Selain lirik-lirik [satire, plesetan, personofikasi] pada lagunya, musikalitas mereka yang begitu "wow". Tapi lagu "patah hatinya" yang berjudul Creep juga sangat ughhh, bikin gadis di sekitarmu terenyuh pokoknya.

7. U2

Sekalipun saya pribadi bukan/ jarang menyimak lagu-lagu karya mereka, bagaimanapun saya mencoba berterus terang bahwa karya-karya mereka banyak bermuatan kritik sosial yang mempengaruhi kebijakan para elit politik dunia. Vokalisnya sendiri yaitu Bono adalah / pernah menjadi Duta Perdamaian.

Btw ini versi Kodeliminal, kalo versi yang lain mah kagak tahu, tapi RATM pasti masuk. Terima Kasih.

0 komentar

Post a Comment