May 5, 2019

Cara Menggunakan Search Console

Cara Menggunakan Search Console | Webmastertools adalah perangkat yang disediakan gratis oleh Google untuk memverikasi, membaca dan mengatur performa dan pergerakan blog kita mesin penelusuran internet. 

Ada beberapa alat kompak yang disediakan oleh Google Webmaster Tools diantaranya; Penghapus URL [URL Removal] dan Search Console. Di artikel ini Kodeliminal ingin berbagi pemahaman cara menggunakan Search Console, ini penting buat keberadaan blog kita. Apalagi yang sudah memahami pentingnya SEO pasti tidak mau lupa untuk merawat blog melalui Webmaster Tools ini.


Cara Menggunakan Search Console Google

Search Console Google Webmaster Tools merupakan landasan untuk optimasi blog dalam SEO. Jadi sebelum kita melakukan optimasi-optimasi SEO tingkat lanjut, sebaiknya kita mantapkan dahulu blog kita di Search Console ini.

Memverifikasi Kepemilikan Blog Di Search Console

Mari masuk dahulu ke panel blogspot , silahkan temukan pengaturan yang ada di bilah samping yang bergambar GERIGI MESIN, kemudian cari pengaturan Google Search Console, Klik tulisan EDIT yang akan membawa kita ke menu Google Search Console. Lihat Gambar A.

Google Search Console Webmaster Tools
Gambar A

Setelah menuju panel Search Console di Google Webmaster Tools, silahkan salin kode verifikasi Tag HTML. Lihat Gambar B.

Cara Menggunakan Search Console
Gambar B

Selanjutnya silahkan letakkan kode verifikasi Tag HTML yang sudah dicopy ke template blog anda, jangan lupa klik tombol SIMPAN TEMA sebelum memverifikasi. Lihat Gambar C.

Verifikasi Tag Html
Gambar C.

Setelah kita meletakkan kode verifikasi Tag HTML dibawah <head>, kita kembali lagi ke panel Search Console untuk memverifikasi, tekan tombol Verivikasi seperti yang terlihat di Gambar D.

Tag Html Search Console
Gambar D.

Jika kita melakukannya dengan benar tahapan-tahapan verifikasi kepemilikan blog di Google Search Console, seharusnya semua berjalan lancar. Dan jika belum terverivikasi silahkan mencoba untuk mengulanginya lagi dari awal permulaan.

Untuk verifikasi blog menggunakan metode lain selain model ini verifikasi Tag HTML silahkan pelajari kemudian, atau anda bisa mencari artikel-artikel penabur ilmu yang bersebaran di internet.

Mengindeks Postingan Ke Google Agar SEO

Setelah kita membuat postingan, tidak serta merta potingan tersebut langsung terpampang dalam hasil pencarian, untuk mempercepat agar postingan artikel kita terindeks, mari menuju Google Search Console lagi di Webmastertools.

Caranya mudah! kita hanya perlu menambahkan sitemap.xml dibelakang nama blog kita kemudian tekan ENTER [Kirim], Lihat Gambar E.

Sitemap XML Google Searc Console
Gambar E.

Penting untuk diketahui bahwa sitemap.xml di Google Search Console Webmaster Tools ini hanya mendata artikel postingan, bukan artikel halaman. Mengapa demikian? Karena hal tersebut merupakan pengaruh bawaan dari setting robots.txt di Blogspot.

0 komentar