Jenis-Jenis Artikel Blog

Jenis-Jenis Artikel Blog | Pengertian Artikel adalah karya tulis berkisar antara 300 hingga 1000-an kata yang memuat pembahasan tema tertentu yang padat akan informasi tertentu pula di dalamnya [kodeliminal]. 

Dalam perkembangannya, untuk memudahkan pemahaman dalam komunikasi maka artikel perlu dikelompok-kelompokan [mirip pembagian-pembagian pada mata pelajaran di sekolah, lah]. Kalau ilmu itu tidak dikelompok-kelompokkan dalam bentuk mapel kan akan susah mempelajarinya.

Jenis-Jenis Artikel Blog

Sebenarnya sih gak cuma artikel buat blog, penambahan kata "blog" cuma agar artikel ini lebih SEO friendly. Toh artikel juga bisa ada di koran majalah, buku harian dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Artikel Blog SEO

Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi adalah karya tulis yang bertujuan untuk menggambarkan suatu fakta sehingga artikel dapat menuntun pembaca dalam menggambarkan apa yang ditulis. Artikel Deskripsi bisa dikatakan sebagai artikel yang berisi pemberitahuan atau petunjuk.

Contoh Artikel Deskripsi antara lain; Artikel yang mengulas tentang Smartphone, atikel ulasan Spesifikasi Notebook.

Artikel Narasi

Artikel Narasi adalah artikel yang ditujukan untuk menceritakan suatu keadaan atau situasi, baik berdasarkan urutan waktu atau urutan kejadian. Artikel ini lebih cenderung menceritakan sesuatu yang berurutan atau berkesinambungan antara awal cerita hingga akhir cerita. SImpelnya artikel ini adalah artikel berbentuk cerita.

Contoh Artikel Narasi antara lain; Cerita pendek [cerpen], komik, artikel untuk drama, pertunjukan panggung dan lain-lain.

Artikel Eksposisi

Artikel Eksposisi ini merupakan karya tulis yang bertujuan untuk menguraikan suatu topik. Dapat berupa uraian tentang definisi, fungsi, bagian dan kegunaan suatu konsep. Dapat juga berupa langkah, cara atau proses mengerjakan sesuatu. Artikel ini sekilas mirip dengan jenis Artikel Deskripsi tapi ada bedanya yaitu semacam petunjuk penyelesaian masalah atau solusi.

Artikel Argumentasi

Artikel Argumentasi adalah artikel; Karya tulis berisi definisi, fungsi, manfaat, peran, atau artikel yang berisi panduan melakukan sesuatu / How To. Contoh artikel misal; Artikel tentang cara meningkatkan trafik blog.

Artikel Persuasi

Artikel ini berupa karangan opini [oleh pribadi, oranisasi atau lembaga].  Penulisan biasnya dilatarbelakangi oleh kritik terhadap suatu pendapat, keadaan atau kebijakan. Penulis biasanya akan memasukkan opini pribadi atau kelompoknya kedalam tulisan secara gamblang, tentu dengan data atau fakta yang mendukung [menurut si penulis]. Sehingga pendapatnya dalam artikel bisa menarik dukungan dari para pembaca.

Pengertian Artikel SEO Untuk Blog

Nah Artikel ini sebenarnya lepas dari jenis-jenis artikel diatas. Artike SEO adalah sebuah istilah yang memberi pengertian bahwa artikel tersebut mudah ditemukan atau ramah terhadap pencarian dalam mesin pencari. Artikel SEO adalah istilah artikel yang mempunyai sifat mudah ditemukan di Internet.

0 komentar

Post a Comment