Lagu Cover Lebih Hot Dari Aslinya

Lagu Cover Yang Lebih Hot Dari Versi Asli | Jujur saja, kalian pernah "tertipu" alias belum tahu hanya karena kalian suka akan grup/ band/ soloist dalam fanatik "buta" kan? Kita pernah berpikir dan menganggap bahwa sebuah lagu yang kita suka adalah karya orosinal sang idola kan? Entah Itu lagu cover Indonesia atau terlebih lagu cover barat, yang bahasanya sudah berbeda.

Seperti dulu aku pernah mengira bahwa seluruh lagu dalam UNPLUGGED IN NEW YORK-nya Nirvana merupakan karya orisinal Nirvana sendiri, tapi setelah agak mudeng bahasa inggris dan semakin mudahnya mendapat informasi, aku sadar bahwa tidak semua lagu keren mereka di album tersebut adalah produk asli mereka, tapi ada juga beberapa yang merupakan "daur ulang" alias lagu cover dari karya orang lain.

Lagu Cover Lebih Hot Dari Aslinya

Tapi jangan salah memberi tanggapan sebelum menyimak, sekalipun lagu itu adalah lagu cover, bukan berarti di bawakan asal-asalan. Bahkan banyak lagu cover yang secara de facto mendapatkan apresiasi lebih tinggi dibandingkan lagu aslinya dari para kritikus musik maupun para penikmat musik.

Saya sendiri menggunakan tolak ukur telinga dan emosi saya pribadi, jadi maaf kalau membuat anda sekalian terutama para rocker kecewa. Namun di sini saya merasa kesusahan untuk menentukan rangkingnya, saya tidak bisa menyematkan ranking!!! Saya hanya akan mengatakan 7 terbaik!

1. Lake Of Fire

Kalian pernah dengar lagu ini kan? malahan pernah lihat juga vidionya?!. Lagu ini aslinya adalah milik dari band Meat Puppets yang nafas musiknya juga tidak jauh-jauh dari punk, rock alternativ yang sedikit kental di balut nuansa country.

Sebenarnya ada juga lagu cover lain yang di bawakan oleh Nirvana yang menurut saya juga sangat-sangat keren dan masih milik Meat Pupets yang lainnya, yaitu Oh Me dan Pleateau, The Man Who Sold The World-nya David Bowie juga My Girl-nya Lead Belly. Namun entah mengapa saya memilih lagu ini. Mungkin karena penjiwaan Kurt saat membawakan lagu tersebut atau mungkin juga karena perform dari gitaris Meat Puppets sendiri yang menyuguhkan permainan pentatonik yang begitu menawan. Atau faktor antah-brantah.

Memang, seperti yang sudah saya katakan di awal artikel, saya tidak sanggup menyematkan rangking tapi setidaknya saya menyebut Lake Of Fire ini di awal ulasan, bukan tanpa alasan, dan alasan saya menyebut lagu cover ini di awal bukan lain adalah karena jenis record/ perekamanya adalah Live In Public alias bukan hasil rekaman studio. Bahkan seandainya tidak mempertimbangkan untuk mengutamakan "kemajemukan band" dalam membawakan lagu-lagu cover terbaik, mungkin saya akan memasukkan  The Man Who Sold The World dan My Girl untuk ikut serta mengisi list " 7 Cover Lagu Tersukses".

2. Knockin On Heaven's Door

Guns N Rosses, band yang begitu lekat dengan nama Axel dan Slash ini sukses membawakan Knockin On Heaven's-nya Bob Dylan. Sebetulnya bukan hanya Guns N' Rosses atau kondang juga dengan nama GNR yang meng-cover lagu ini. Jumlah covering untuk lagu ini sangat banyak, banyak dari sisi pembawaan-nya/ artis maupun versinya. Saking kental imej lagu yang keluar dari karakter musik dan vokal yang di bawakan oleh GNR ini, banyak orang masih mengira bahwa ini adalah karya premier/ orijinal GNR.

3. Last Kiss

Lass Kiss yang adalah lagu asli milik Frank J. Wilson [bahkan aku tak ada di era-nya] masuk dalam list di artikel ini. Meskipun ada cerita bahwa konon lagu ini tadinya hanya  "tes pasar" oleh sang pemilik ide sekaligus vokalis Pearl Jam, Eddie Vedder yang idealis. Sekalipun lirik lagu yang adanya tadinya memang nge-pop namun di tangan Pearl Jam keluar juga kesan rock-nya.

Bahkan lagu yang sempat di "tanyakan" soleh fans sejati band ini karena dianggap keluar dari "label" gaya musik Pearl Jam, fans bertanya-tanya mengapa Pearl Jam yang idealis yang biasa menyuguhi mereka dengan suguhan rock garang semacam Do Evolution, atau lagu rock berat tapi syarat satir membawakan lagu pop macam Last Kiss?!!! [Macam mana pula ini?!]. Tapi apa mau dikata, kini Lass Kiss sudah lekat dengan nama Pearl Jam. bagi penggemar "biasa" Last Kiss = Pearl Jam kurang lebih begitu kalimat penggambarannya.

4. Twist And Shout

Tidak ketinggalan "bikin gara-gara" The Beatles, salah satu band moyang Rock n Roll juga sukses "memanipulasi" publik, terutama saya. Selain saya sendiri lahir bukan di jaman The Beatles, juga arus informasi yang masih minim saat itu membuat "kesadaran" para fans datang terlambat. Banyak para pecinta musik, bahkan fans The Beatles baru sadar akhir-akhir ini [jauh hari setelah era The Beatles].

Demikian opini saya perihal beberapa lagu cover ter-hot versi saya, sebaiknya anda setuju saja lah ya.

0 komentar

Post a Comment