Makna Lirik Lagu Tender Blur

Eh kalian pernah dengar lagu Tender miliknya Blur? Musikal yang sederhana, easy listening rock song  pokoknya. Dengan distorsi gitar yang agak kotor tapi syahdu, sebelum menerjemahkan maksud dari lirik lagunya, sepasang kekasih akan sudah terhanyut dalam harmonisasi musiknya.

Makna Lirik Lagu Tender Blur

Secara artikulasi memang kata perkata bisa kita terjemahkan begitu saja, tapi secara makna lagu ini memang puitis adanya. Untuk menerjemahkan lagu sendiri kita harus melibatakan emosi dari suara-suara alat musiknya.


Dari pembawaan musik kita bisa terbantu untuk menerjemahkan maksudnya. Apa kalimat pada bait tersebut sebuah sindiran, penggambaran situasi, personifikasi atau bermamakna lainnya.

Begitu juga kodeliminal mencoba membedah makna dari lagu Tender miliknya band pop rock asal inggris yang beranggotakan; Damon, James, Coxon dan Dave Rowntree. Keberadaan mereka dalam kancah musik juga sering dikaitkan sebagai salah satu band pembawa pengaruh trend britpop pada masanya.

Tender: Penggambaran Tentang Rasa Dari Cinta

Bait pertama pada Tender, kelembutan dari rasa cinta yang digambarkan sebagai keadaan malam hari yang terhampar. Bisa diartikan bahwa cinta adalah gelap / misteri yang datang bersamaan dengan perasaan menyenangkan. Blur menggambarkan rasa itu laksana sentuhan dari orang yang kita begitu kita sayang.- Tender is the touch of someone that you love too much.

Di lain waktu cinta juga bagaikan cahaya yang terang benderang di siang hari dimana iblis / kejahatan tidak akan menyukainya. Kejahatan akan disingkirkan oleh cinta. Love is the greatest thing. that we have.

Kemudian pada bait selanjutnya Tender digambarkan sebagai hantu, menakutkan tapi hantu juga digambarkan sebagai rasa ikhlas. Hantu digambarkan tidak begitu nyaman dengan keterlihatan. Begitu juga dengan rasa ikhlas, rasa itu tidak butuh akan pengakuan. Keikhlasn mempunyai kecenderungan untuk tidak diketahui. - Hiding from the sun, waiting for the night to come.

Tender, Cinta Adalah Paradoks

Tender adalah kelembutan, adalah hatiku. Menggambarkan sesorang [nampak romantis] yang rela hatinya berantakan dalam merasakan rasa cinta. Meskipun banyak orang dibuat kacau karena merasakan cinta tapi orang-orang tetap mengharapkan hadirnya rasa cinta dalam hati.

Pada lagu Tender bagian brige menuju reff ini juga terdapat ajakan kepada orang-orang untuk melalui rasa cinta. Cinta dalam artian luas maupun cinta dalam arti sempit [untuk sepasang kekasih].

Dan ketika rasa itu tidak juga datang orang-orang digambarkan rela meratap, - I am waiting for that feeling, I am waiting for that feeling to come. Menggambarkan pengharapan agar Tuhan mempertemukan rasa cintanya dengan orang yang tepat yang dapat membantunya dalam memperbaiki cara berpikirnya kara mengalami rasa cinta. Tender is my herat.

0 komentar

Post a Comment