May 29, 2019

Opiate, Ketika Ejekan Dibungkus Musik Super Keren

Kodeliminal.com | Jangan teruskan apalagi disimak dengan serius jika tidak kuat menahan sindiran. Tool adalah sebuah band rock asal Los Angeles Amerika beranggotakan Maynard James Keenan dan kawan-kawan. Aku sendiri tidak banyak menyimak karya-karya mereka, cuma suatu hari agak fokus ketika tidak sengaja mendengar / menonton salah satu lagunya yang berjudul Opiate. 

Opiate sendiri kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai candu, dan dalam kontek ini Tool menganggap bahwa agama itu mirip dengan candu

Untuk mengetahui perihal siapa itu Tool bisa anda simak di ulasan tentang Tool dari pengemarnya di Vice.com. Soal musik pada lagu Opiate ini aku juga tidak bisa membantah, Keren!

Lagu Opiate Berisi Ejekan Panas

Opiate sendiri kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai candu, dan dalam kontek dari isi lagu Opiate ini, Tool menganggap bahwa agama itu mirip dengan candu dan bersifat candu.

Jleb! lagu ini berisi sindiran kepada orang beragama- pada hubungannya, tentu yang menjadi bahan kritikan adalah orang-orang yang beragama Nasrani. Meskipun orang-orang diluar Nasrani bisa juga akan merasa risih dengan isi lirik lagunya. Coba saja simak salah satu komentar di Youtube tentang lagu Opiate berikut ini.

I don't know. something about this music seems sacred and holy, even though its definitely a mockery of religion. Its just so damn honest its hard to not hear it. [ salah satu komentar penonton Youtube].

Mari simak bagian-bagian lirik pada lagu Opiate milik Band Tool ini, jangan pake emosi yah, biasa saja. Kalau diambil hati malah tambah mengena. Check it out embeb.

Choices always were a problem for you, what you need is someone strong to guide you.
PILIHAN selalu menjadi hal yang sulit untukmu, bisa diartikan bahwa Tool menuduh / mengejek / melebeli orang-orang beriman [ orang yang membutuhkan agama ] sebagai orang bingungan, karena bingungan maka orang-orang tersebut membutuhkan pembimbing, yang tidak lain adalah UTUSAN.

Deaf and blind and dumb and born to follow, what you need is someone strong to guide you like me.
Kau itu tuli buta dan guoblog yang dilahirkan tidak lain hanya untuk mengikuti, [ tahukah kau? ] apa yang kau butuhkan adalah orang yang kuat seperti aku [= menonjolkan ke-aku-an sang penyanyi].


If you want to get your soul to heaven. Trust in me now don't you judge or question.
Jika kau menginginkan jiwamu masuk surga, percayalah pada ku dan jangan menghakimi apalagi banyak bertanya mengapa? Mengapa? dan Mengapa?,- ini satire.

You are broken now but faith can heal you, just do everything I tell you to do.
Kau itu rusak dan rapuh tapi keimanan dapat menyembuhkan mu, lakukan saja semua perintah ku. Penggalan lirik di atas merupakan sindiran atau kalimat-kalimat satire yang menggambarkan bagaimana seseorang bisa mengimani Nabi dan mau menjalankan nasehat-nasehatnya. 

Jesus Christ, why don't you come save my life now, open my eyes, blind me with your light now.
Pada bait ini mempunyai dua penggambaran. Yang pertama menggmbarkan sebuah keraguan akan wahyu Jesus, dan yang kedua malah bisa berarti sebuah tantangan kepada Jesus untuk menampakkan dirinya. Jesus Christ, mengapa kau tidak datang dan menyelamatkan hidup ku, membuka mata ku serta membutakan ku dengan cahaya mu sekarang?.

My Gods' will becomes me, when he speaks, he speaks through me. He has needs like I do. We both want to rape you.
Kemudian, Para Dewa ku akan menjadi aku, ketika Dia berfirman, Firman-Nya akan melalui aku. Dia mempunyai kebutuhan seperti yang aku lakukan. Kami berdua akan memp3rk0samu!.

Nah kurang lebih begitulah isi makna lagu Opiate dari Tool. Tema intinya tidak jauh-jauh dari mengolok-olok orang yang beriman atau beragama. Yang penasaran sama lagu dan vidionya, kalian bisa lihat di Youtube ini.

0 komentar

Post a Comment