Tata Cara Membuat Toko Online

Cara Membuat Toko Online Sendiri | Mempunyai Online Shop / Toko Online Mandiri bagi para pedagang di jaman sekarang adalah keharusan. Bukan karena masalah keren atau tidak dalam pergaulan di dunia maya tapi zaman memang menyeret kita ke arah ini.

Sebelumnya mari membayangkan aktifitas penduduk dunia yang banyaknya jutaan dan sebagian besar dari mereka dapat mengakses internet. Kalian, aku, mereka, hampir bisa dikatakan mempunyai kepentingan bisnis online di internet. 

Kadang kita berpikir bahwa di Medsos semisal Facebook banyak sekali penghuninya / pengguna di dalamnya, padahal itu baru beberapa persen dari keseluruhan penghuni internet yang aktif. Jika anda mengerti maksud saya pastilah anda berpikir bahwa banyak aktifitas [lalu-lalang] masyarakat di internet di luar Facebook.

Aktifitas mereka masing-masing dari mulai mencari bahan bacaan sampai mencari produk-produk tertentu. Uniknya lagi ada bebrapa karakter dari mereka adalah model pembeli yang justru enggan untuk bertransaksi secara langsung, COD atau face to face. Bisnis memang unik.

Cara Membuat Toko Online

Apa kita sebagai penjual [pedagang] yang mempunyai keinginan untuk mendapatkan banyak prospek akan diam saja seakan seorang nelayan melihat sungai dipenuhi ikan dia tetap memilih memancing dari pada menjaring?

Bukankah akan lebih baik kita menjaring ikan-ikan tersebut untuk kemudian menaruh mereka di kolam kita? Menggiring mereka ke Online Shop Mandiri kita?

Tata Cara Membuat [Membangun] Online Shop Sendiri

Seperti hanya toko di dunia nyata, tidak setiap kita bisa membelinya, tapi jika kita mau berkorban kita bisa membuatnya dengan membeli bahan-bahan untuk membuat online shop. Lalu bahan apa saja yang kita perlukan untuk membuat toko online? berikut element utama untuk mendirikan toko di dunia maya.


1. Template / Tema  Toko

Template bisa saya gambarkan sebagai bentuk bangunan toko jika di dunia nyata, maka seperti hanya toko di dunia nyata yang dibangun dari susunan pasir, bata, batu, semen dan lainnya template juga dibangun dari berbagai script atau bahasa khusus, bahasa rekayasa.

Untuk Template / Tema toko ini anda tidak perlu pusing-pusing karena merasa tidak bisa Coding, sebab sudah ada ahlinya, kita bisa googling untuk membeli tema atau jika ingin mencoba bisa kunjungi tema gratis. Jika anda ingin membuat toko online berbasis CMS WordPress dan anda bermaksud membeli template yang berkualitas dan bagus, anda bisa mencobanya di HappyThemes penyedia berbagai template berkualitas. Diantara penjual Tema Toko Online yang terpercaya adalah Oketheme.


2. Domian

Domain adalah identitas kita, kartu tanda pengenal sah yang menerangkan siapa diri kita. Jika kita ingin membuat sebuah toko online maka "Negara Internet" berkewajiban mengetahui siapa diri kita. Harga domain sendiri bervariasi mulai dari yang gratis, murah, kisaran puluhan ribu sampai ada yang berharga ratusan ribu atau bahkan mungkin jutaan. Domain sendiri haruslah unik, tidak boleh ada kesamaan dengan domain lain. Domain itu yang tulisan berbunyi [dot] com, id, org, biz, gov, store, we.id, xyz dan masih banyak lagi lainnya.


3. Hosting

Hosting itu apa? saya tidak akan menjelaskan secara ilmiah sebab saya sendiri malah pusing kalau terlalu ilmiah. Hosting adalah lahan untuk kita mendirikan online shop nantinya. Jika kita sudah punya Domain tapi kita tidk punya lahan untuk berjualan ya kita tidak bisa tampil. Hosting sendiri seperti domain ada yang gratis sampai ada yang berharga mahal.

Ada banyak penyedia Domain dan Hosting diantaranya Domainesia, Rumahweb, Niagahoster dan banyak lagi, suka-suka anda saja. Kebanyakan pelayannan mereka sudah profesional dan melayani 24 jam kok.

www.domainesia.com

Demikian artikel dari Kodeliminal tentang bagaimana Cara Membuat Toko Online Untuk memasarkan produk di internet. Oh ya setelah anda bisa membuat toko online, masih ada lagi kegiatan untuk memaksimalkannya, istilahnya SEO / optimasi blog. Semoga mudah dipahami serta bermanfaat.

2 comments


EmoticonEmoticon