Jun 22, 2019

Chord Mayor Dan Minor

Sebelum memahami Mayor dan Minor bagi yang belum begitu mengerti perihal skala sebaiknya baca dulu artikel mengenai skala di Kodeliminal.com.

Untuk ulasan kali ini kita akan membahas skala mayor dan minor menggunakan pendekatan yang sederhana [ sepertinya otak saya akan menguap jika menerangkan panjang lebar ].

Sebelum memahami Mayor dan Minor bagi yang belum mengeri perihal skala sebaiknya baca dulu artikel mengenai skala

Skala Mayor

Keterangan:
Nuansa nada: Ceria, Percaya diri, Tangkas, Semangat
Pola jarak: 1 - 1 - ½ - 1 - 1 - 1 - ½ 
Not penyusun : 1 - 3 - 5 atau C - E - G atau Do - Mi - Sol

Skala Minor

Keterangan:
Nuansa nada: Sedih, Murung, Suram, Gelap
Pola Jarak: 1 - ½  - 1 - 1 -  ½ - 1 - 1

Not penyusun: 1 - 2# - 5 atau C - Dis - G atau Do - Ris - sol

Pemahaman Chord Mayor Dan Chord Minor

Sebenarnya banyak teori untuk menjelaskan makna dari chord, namun secara global, chord yang di maksud adalah "kunci". Iya, kunci-kunci dalam permainan gitar. Kata "kunci" yang aku dan kau sepakati bersama bahwa kunci/ chord adalah bentuk-bentuk susunan nada yang sedemikian rupa hingga memiliki nilai harmonis tertentu.

Di sini saya tidak akan membahas mengenai makna "kunci" dalam permainan gitar secara lebih ilmiah atau lebih dalam lagi, karena ini akan menghabiskan banyak kata dan menguras pikiran.

Mari kita langsung menuju hidangan yang sudah matang saja, perihal makna chord / kunci mayor dan minor.

Chord Mayor


Chord Mayor adalah chord atau kunci yang terbentuk dari 3 unsur nada yaitu nada Do-Mi-Sol.

Apapun variasinya, apabila chord itu memuat unsur Do-Mi-Sol maka chord tersebut mempunyai label mayor. Untuk pembuktiannya, coba anda ambil gitar lalu mainkanlah salah satu chord mayor, misal  chord G. Bila anda paham notasi [ meskipun pemahamnnya minim mirip saya ] maka anda akan menemukan bahwa jemari anda yang membentuk formasi chord G sedang menekan nada Do-Mi-Sol.

Chord Minor


Chord Minor adalah chord atau kunci yang tebentuk dari 3 unsur nada yaitu Do-Re♯-Sol.

Apapun variasinya, apabila chord itu memuat unsur Do-Re♯-Sol maka chord tersebut mempunyai label mayor. Kemudian lagi, untuk pembuktiannya coba anda ambil gitar lalu mainkanlah salah satu chord minor, misal  chord Am.


Bila anda sudah paham perihal notasi [ meskipun pemahamnnya minim mirip saya ], maka anda akan menemukan bahwa jemari anda yang membentuk formasi chord Am sedang menekan nada Do-Re♯-Sol.

Semoga berbagi wawasan yang saya bagikan dapat berfaedah. Jangan lupa baca artikel-artikel blog yang lain di luar blog Kodeliminal, siapa tahu dapat menemukan kecocokan pemahaman meski dari sudut pandang yang berbeda.

0 komentar

Post a Comment