Jun 15, 2019

Kosmetik Di Era Modern

Kosmetik memainkan peran yang sangat besar dalam perjalanan umat manusia, dari perdaban kuno hingga kini pada zaman modern. Kosmetik fungsi utamanya adalah untuk membantu merubah cara berpenampilan agar tetap terlihat cantik, bahkan pada zaman Mesir kuno kosmetik menjadi bagian kepercayaan yang dianut mereka.

Kosmetik fungsi utamanya adalah untuk membantu merubah cara berpenampilan agar tetap terlihat cantik
Gambar Sumber: Online Shop Shopliminal

Sejarah kosmetik juga dikaitkan dengan peradaban zaman Cleopatra, siapa yang tidak tahu Cleopatra? Dia adalah seorang ratu dari Negeri Mesir yang terkenal akan keelokan wajahnya. Konon Cleopatra menginspirasi umat manusia untuk selalu terlihat cantik dan menawan.


Perkembangan Kosmetik Di Era Modern

Dewasa ini, kosmetik sudah menjadi kebutuhan untuk semua generasi baik itu generasi kekinian [ milenial ] maupun generasi emak-emak, bahkan kaum pria, baik dari kalangan ekonomi kelas atas maupun kalangan ekonomi kelas bawah.

Kosmetik sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan, bahkan untuk sebagian orang itu sudah menjadi kebutuhan primer bukan sekunder ataupun tersier. Harga kosmetik sendiri bervariasi dari yang berharga murah hingga yang ada yang super mahal.

Dahulu kosmetik dipasarkan secara konvensional tapi di era digital ini sudah bergeser lewat MLM [ Multi Level Marketing ]. Sekarang, dengan maraknya konten kosmetik pada Blog, Vlog hingga Youtube, membuat para para penyimaknya tersugesti, semakin viral suatu unggahan produk pada dunia online maka semakin kuat mempengaruhi masyarakat untuk mengubah cara pandang atas gaya berkosmetik.

Berdasarkan data pencarian kosmetik di penelusuran daring ini menduduki posisi kedua. Artinya kosmetik ini paling sering dicari setelah busana. Di era digital ini untuk mendapatkan kosmetik sangatlah mudah, mau pilih brand dalam negeri, internasional atau bahkan yang tidak memiliki brand juga bisa.

Belanja online memberi kemudahan sendiri dalam memilih produk kecantikan, karena sudah banyak sekali produk kecantikan yang dijual secara online, melalui sosial media seperti Instagram, Facebook, atau aplikasi online shop lainnya.

Tetapi disisi lain, ada ancaman peredaran kosmetik ilegal yang akan masuk secara mudah. Sayangnya, banyak dari para pengguna kosmetik tidak cermat dalam memilih produk kecantikan yang aman, masih banyak konsumen yang hanya melihat dari segi ekonomis tanpa mempertimbangkan keamanan untuk kesehatan tubuhnya. Ini membuat para produsen nakal lebih berani memproduksi produk kecantikan palsu ataupun memproduksi dengan komposisi bahan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Efek dari produk kecantikan yang mengandung bahan berbahaya selain bisa langsung terlihat efeknya juga ada yang akan terlihat setelah pemakaian dalam jangka panjang. Bahan yang membahayakan tersebut salah satunya adalah merkuri, hidrokinon dan lain-lain.

Padahal sudah banyak korban yang mengalami kerusakan organ tubuhnya karena menggunakan produk kecantikan palsu ataupun yang mengandung bahan berbahaya.

Perlu diketahui bahwa kandungan dari zat-zat berbahaya ini dapat mengakibatkan penyakit semisal; kanker kulit, cacat janin bagi ibu hamil, kerusakan hati bahkan kematian. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang mengalami dampak atau efek buruk dari pemakaian kosmetik tersebut tidak mau melaporkannya ke BPOM atau pihak-pihak yang berwenang.

Kesimpulan

Selanjutnya mari kita sebagai wanita yang memang dikodratkan gemar berdandan / memakai kosmetik untuk lebih berhati-hati dalam memilih produk. Jangan hanya karena ingin tampil cantik dan wow tapi tidak berpikir panjang mengenai kesehatan.

Penulis: Yustiar M.

0 komentar

Post a Comment