Jun 21, 2019

Memahami Notasi Musik

Kali ini saya ingin berbagi pemahaman perihal notasi. Sederhana saja, Notasi adalah sistem penulisan nada. Langsung saja

Perbedannya adalah bila notasi adalah bunyi atau suara yang berupa tulisan atau gambar dan simbol maka nada berbentuk suara yang dapat didengar

Lalu apa perbedaannya antara notasi dengan nada? Perbedannya adalah bila notasi adalah bunyi atau suara yang berupa tulisan atau gambar dan simbol maka nada berbentuk suara yang dapat didengar.

Misalnya bila suara itu terdengar sebagai suara dari nada sol maka notasinya bisa berupa angka 5 atau huruf G atau bisa juga dengan penggambaran menggunakan simbol lain.

Kesimpulannya, Notasi merupakan penulisan yang hasilnya bisa dibaca sedangkan Nada adalah suara yang dapat didengar.

Jenis-Jenis Notasi Musik

Untuk jenis-jenis notasi scara awam yang saya ketahui ada 2, adalah; Notasi Angka dan Paranada. Berikut sekilas penjelasan tentang kedua notasi tersebut.

  1. Notasi Angka adalah notasi yang sistem penulisan nada menggunakan angka.
  2. Paranada adalah notasi yang sistem penulisan nada menggunakan perlambang gambar atau simbol.
Kemudian, dari kedua notasi tersebut di atas, Paranada adalah bentuk notasi yang universal, sebab bahasa notasinya digunakan untuk standar pembacaan nada di berbagai wilayah di dunia.

Untuk Notasi Angka sendiri kerap digunakan pada wilayah tertentu, misal Indonesia yang sering menggunakan notasi angka ini dan mengajarkannya pada pelajaran seni musik di sekolah.

0 komentar

Post a Comment