Jun 21, 2019

Pengertian Akord, Melodi, Dinamika Dan Tempo

Akord, Melodi, Dinamika Dan Tempo adalah istilah dari teori yang wajib dipahami oleh para musisi. Jika kita tidak memahami teori-teori ini tentu akan menjadi masalah komunikasi dalam memainkan musik.

Baiklah, langsung saja mari renungkan bersama intisari pemahaman saya yang saya dapat dari berbagai sumber bacaan mengenai Akord, Melodi, Dinamika Dan Tempo.

Akord, Melodi, Dinamika Dan Tempo adalah istilah dari teori yang wajib dipahami oleh para musisi

1. Pengertian Akord

Akord adalah susunan dari beberapa nada yang membentuk kesatuan suara hingga menghasilan suara hamonis. Ciri khas dari praktek akord adalah memukul/ memetik/ menekan susunan nada secara bersama-sama pada waktu yang sama.

2. Pengertian Melodi

Melodi adalah keluaran suara yang dihasilakan dari rangkain tinggi rendah nada.  Ciri khas melodi adalah kebalikan dari ciri khas akord, yaitu memukul/ memetik/ menekan susunan nada secara tunggal pada waktu yang tidak bersamaan.

3. Pengertian Dinamika

Dinamika adalah istilah untuk menyebut tinggi rendah atau kuat lemahnya suara nada atau akord ataupun vokal/lagu.

4. Pengertian Tempo

Sedangkan Tempo adalah istilah yang menunjuk pada cepat atau lambat dalam pembawaan karya musik.

Apa yang kerap kita salah adalah menempatkan maksud istilah dari tempo dan dinamika. Jadi begini, perbedaan mendasar dari dinamika dan tempo adalah: Jika Dinamika berkaitan dengan tinggi-rendah/ lembut-kuat pembawaan karya musik, maka Tempo berkaitan dengan cepat-lambat pembawaan karya musik.

0 komentar

Post a Comment