Jun 21, 2019

Skala Nada Ionian Hingga Locrian

Ada kalanya kita dibuat bingung mengenai teori skala nada, tepi seiring kita mempraktekkan langsung alat musiknya dengan sendirinya kita bisa memahami walau mungkin sulit untuk menjelaskannya kembali.

Mungkin ini juga karena masalah penyampaian yang kurang informatif atau juga karena pentransferan bahasa yang kadang juga membingungkan pemahaman bagi penerima informasi.

Skala Nada Ionian adalah pola skala nada yang diawali dari nada C dan berakhir pada nada C

Baiklah mari kita kupas teori 7 Skala Nada Natural. Bagi saya sendiri yang disebut skala nada natural juga mengandung arti skala nada diatonik, yaitu skala nada yang berisi Do - Re - Mi - Fa - Sol - La -Si - Do'. Dari sini pula kita akan mengetahui corak mayor dan minor sebuah skala.

Dari formasi skala natural tersebut lahirlah 6 skala nada yang mana dengan istilah yang aneh [ saya belum tahu asal/ akar bahasa yang digunakan ] untuk penyebutan-nya, yaitu:

Ionian

Skala Nada Ionian adalah pola skala nada yang diawali dari nada C dan berakhir pada nada C'. SKala nada ini juga biasa disebut dengan Skala Nada Natural. Dengan demikian skala nada Ionian memiliki pola nada: C-D-E-F-G-A-B-C'.

Dorian

Skala Nada Ionian adalah pola skala nada yang diawali dari nada D dan berakhir pada nada D'. Skala nada ini memiliki pola nada: D-E-F-G-A-B-C-D'. Skala nada ini mempunyai corak minor.

Phrygian

Skala Nada Ionian adalah pola skala nada yang diawali dari nada E dan berakhir pada nada E'. Skala nada ini memiliki pola jarak nada: E-F-G-A-B-C-D-E.

Lydian

Skala Nada Ionian adalah pola skala nada yang diawali dari nada F dan berakhir pada nada F'. Skala nada ini memiliki pola jarak nada: F-G-A-B-C-D-E-F'.

Mixolydian

Skala Nada Ionian adalah pola skala nada yang diawali dari nada G dan berakhir pada nada G'. Skala nada ini memiliki pola nada: G-A-B-C-D-E-F-G'. Skala nada ini mempunyai corak mayor.

Aeolian

Skala Nada Ionian adalah pola skala nada yang diawali dari nada A dan berakhir pada nada A'. Skala nada ini memiliki pola jarak: A-B-C-D-E-F-G-A'. Skal nada Aeolian ini mempunyai corak khas minor.

Locrian

Skala Nada Ionian adalah pola skala nada yang diawali dari nada B dan berakhir pada nada B'. Skala nada ini memiliki pola jarak nada: B-C-D-E-F-G-A-B'.

Untuk memahaminya silahkan anda mainkan not-not dengan model skala nada masing-masing. Dari bunyi yang dihasilkan, masing-masing skala dari Ionian hingga Locrian akan mempunyai corak nada yang khas.

0 komentar

Post a Comment