Jun 12, 2019

Tips Berbelanja Saat Musim Masuk Sekolah

Liburan berakhir, semua pelajar akan kembali masuk sekolah. Tapi ada hal-hal yang membuat orang tua sedikit cemas, yaitu memikirkan belanja perlengkapan sekolah untuk anak-anak. Orang tua yang sudah berpengalaman tentu sudah menyadari pentingnya perencanaan anggaran belanja untuk kepentingan anak-anak.

Tapi pengalaman ini tentu masih baru untuk orang tua yang belum pernah mengalami musim anak balik lagi sekolah, mereka akan cenderung tergesa-gesa pada menit-menit akhir, yang mengakibatkan pembengkakan biaya yang dikeluarkan karena tidak adanya rencana belanja yang matang.

Berikut beberapa tips yang berguna untuk menghemat atau mengurangi pembengkakan belanja musim masik sekolah

Berikut beberapa tips yang berguna untuk menghemat atau mengurangi pembengkakan belanja musim masuk sekolah.

Jangan Berbelanja Kebutuhan Sekolah Di Akhir Waktu

Beberapa hari setelah libur sekolah atau di pertengahan libur sekolah adalah waktu yang tepat untuk berbelanja, selain masih banyaknya stock barang juga menghindari kemungkinan kepanikan. Ibu-ibu tentu akan membayar lebih mahal jika waktu masuk sekolah sudah hampir selesai. Sebeb untuk barang yang sudah langka pedagang cenderung menaikkan harga lebih mahal dari biasanya. Di sisi lain mau tidak mau anak-anak harus segera mendapatkan perlengkapan mereka, mulai dari baju / seragam, buku, alat tuils dan lain-lain.

Berdiskusi Dengan Anak-Anak Sebelum Belanja

Masing-masing kita mempunyai pandangan dan selera berbeda, begitu pula kita dengan anak-anak. Kita tidak bisa serta merta memaksakan selera kita kepada anak-anak. Anak-anak mempunyai kenyamanannya sendiri. Misal tentang model tas, alat musik, sepatu, kaos kaki dan lain-lain.

Atau mungkin perihal gambar cover pada buku, terdengar sepele memang tapi apa kita bisa bahagia melihat anak-anak merasa tidak suka dengan apa yang dipakainya? Maka dari itu berdiskusilah dengan anak-anak sebelum membelikan sesuatu untuk keperluan mereka.

Berbelanja Di Ruko Khusus Perlengkapan Sekolah

Mengapa harus berbelanja di kawasan khusus? Dengan kita berbelanja di ruko khusus penyedia perlengkapan sekolah, kita dapat membandingkan harga antara harga dari 1 toko dengan toko lainnya. Dengan mendapatkan harga lebih murah tentunya ini akan menjadi penghematan dalam pengeluaran anggaran. Ibu-ibu biasanya akan lebih jago dalam urusan tawar-menawar harga.

Jadi ingat, berbelanja pada musim masuk sekolah itu membutuhkan perhatian khusus. Selain kita berusaha tidak mengecewakan anak-anak kita juga bisa menghemat pengeluaran sehemat mungkin.

0 komentar

Post a Comment