Jul 8, 2019

Nama-Nama Nada Pada Senar Gitar

Mapping nada senar pada gitar yang saya maksud ialah pemetaan nada pada senar gitar. Ini adalah hal penting! Seperti hanya pemetaan sebuah wilayah, kegunaannya adalah untuk mempermudah menuju tempat yang dituju.

Seperti hanya pemetaan sebuah wilayah

Dengan memahami nada pada dawai-dawai gitar, proses pembelajaran akan semakin mudah sehingga tujuan untuk belajar dapat lebih mudah untuk didapat.

Untuk dapat membaca peta ini, pertama tama saudara harus hafal nama-nama dari 6 senar yang ada pada gitar. Dan berikut adalah nama-nama untuk senar pada gitar. Oh ya, perlu diketahui bahwa nama-nama senar gitar itu diambil dari nama-nama nada.

Perlu diketahui bahwa pemetaan nada pada senar mengikuti pola jarak pada notasi nada natural yang biasa di lafalkan do-re-mi-fa-sol-la-si-do'. Itu mengapa nanti kita temukan antara nada senar yang satu dengan yang lain berbeda. Misal, antara C ke D berjarak 2 dan E ke F berjarak 1/2.

Perhatikan gambar pemetaan  senar di bawah ini, setelah men-setting gitar dengan benar, maka nada-nada pada senar gitar dapat dipetakan / menghasilkan map.

Dengan memahami nada pada dawai-dawai gitar, proses pembelajaran akan semakin mudah sehingga tujuan untuk belajar dapat lebih mudah untuk didapat

Nama-nama senar diurutkan dari senar paling bawah.
- senar 1 bernama senar E' [difahami sebagai E tinggi]
- senar 2 bernama senar B
- senar 3 bernama senar G
- senar 4 bernama senar D
- senar 5 bernama senar A
- senar 6 bernama senar E [difahami sebagi E rendah]

0 komentar

Post a Comment